Lebih pilih mana

Bun, jujur ya.. kalo bunda punya anak cewek dan ada yg meminang.. pilih: A. Lelaki soleh, rajin ke mesjid, tapi pekerjaan masih serabutan; atau B. Biasa2 aja tapi baik, sudah mapan (punya rumah,mobil&tabungan,sudah umroh&meng umrohkan keluarga nya) Jujur yah Bun.. kalau bisa kasih alasannya?

208 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

A jelas. Laki2 itu wajib dimasjid sholat berjamaah, kecuali ada udzur. Yg pertama dihisab adalah sholat, dan sholat dimasjid adalah hak RabbNya, insyaAllah laki2 yg bisa menjaga hak RabbNya adalah laki2 yg bisa menjaga hak2 manusia juga. Laki2 yg paham akan tau, sholat adalah tiang agamanya, sebaik2 ibadah dilihat dari sholatnya, jika sholatnya baik maka ibadah yg lain insyaAllah baik, jika sholatnya buruk, ibadah yg lain walau banyak tdk akan mampu menebus dosa atas sholatnya. Untuk laki2 yg lalai dr masjid tanpa udzur, bahkan di salah satu hadist dikatakan "tidak ada sholat baginya yg mendengar adzan tp tdk pergi ke masjid kecuali ada udzur". Alhamdulillah nomer satu menurut saya dan suami adalah sholatnya, cara wudhunya, aqidah dan manhajnya. Baru kemudian hafalannya. Sama seperti abi.. Yg lgsg menerima suami padahal waktu itu blm bekerja, ketika saya tanya kenapa? Laki2 bertanggung jawab tercermin dr bagaimana dia bertanggung jawab atas hak2 Rabb nya, pas ditanya lagi apa yg abi suka dr suami, sederhana jawabannya.. Dia sudah baik wudhunya, dia bisa meninggalkan semua perkara dunia untuk sholat berjamaah, dia sdh lurus aqidahnya, itu guna keselamatan anak juga cucu katanya. MasyaAllah berbicara sholat dimasjid, yg saya ingat pertama pasti abi sendiri, karna belum ada yg mampu menandingi beliau dalam hal sholat dimasjid termasuk suami sendiri, semoga suami bsa mengikuti jejak mertuanya , begitupun semoga kelak Allah karuniakan anak jd menantu ahli dalam menjaga sholatnya Aamiin yaAllah Saya tidak takut lihat anak saya susah sebentar didunia, asal selamat di akhirat , kata2 yg sama diucapkan orang tua saya .. Alhamdulillah. Semoga Allah berkahi mereka.

Đọc thêm

A. Karena agama nomor satu. Bisa jadi lelaki serabutan ini diuji imannya oleh Allaah lewat pekerjaannya. Selagi imannya kuat, yakin Allaah pasti nggak akan mengabaikan hak hamba-Nya. Kita tau roda dunia berputar. Bahkan banyak juga yg seumur hidup tidak pernah mencicipi kekayaan tapi hidupnya damai dan 'cukup'. Pilihan B memang menggiurkan, tapi jika dia biasa-biasa saja soal agama, saya khawatir akhirat anak saya akan dibawa ke mana. Banyak orang kurang paham agama, mengumroh/menghajikan ortunya bukan utk meraih pahala, semata utk gengsi saja. Kan sayang. Dia tidak paham hakikat ibadah itu apa. Karena hidup cuma sebentar. Saya tau ini terkesan naif, tapi prinsip saya memang seperti itu. Saya juga memilih suami dgn prinsip itu. Alhamdulillah, ketika memilih pasangan yg baik agama dan akhlaknya, saat ada di posisi bawah, kita tetap dimuliakan, diusahakan semaksimal mungkin nafkahnya tercukupi, dan diingatkan utk bersabar. Ketika ada di posisi atas/stabil, masyaa Allaah, nikmatnya memiliki suami salih semakin menjadi-jadi. Karena menikah itu kan harapannya bukan utk hidup di dunia saja ya, Bun. Tapi juga di surga. Pada hakikatnya, kaya dan miskin itu sama-sama ujian kan, Bun? Dengan kekayaan/kemiskinan itu, apa kita tetap taat? Kadang Allaah buat hamba-Nya kaya agar semakin lalai (istidraj), kadang Allah miskinkan hamba-Nya agar hamba tsb. senantiasa merengek dan mendekat pada-Nya. Ini pendapat pribadi ya, Bun. Karena Bunda nanya. Sudah tentu semua ortu berharap yg terbaik utk anaknya, dalam segala hal.

Đọc thêm

kalo yg paham agama, dipastikan dia bs membimbing sm memimpin kita. Walaupun serabutan, kt ga pernah tau rejeki orang kedepan gimana. Aplg yg sholeh ys suka beramal, akan membuka pintu rejeki. Terlebih setelah menikah, karena niat ibadah makin berkah lah rumah tangganya. Kalo yg kurang agama, katanya nanti pas nikah sm2 belajar. Menurut sy, agak sulit. Dalam berumah tangga sudah banyak PR yg akan dilakukan. Jadi, nambahin PR, beneran bs mau belajar. Kita wanita banyak banget bengkok nya dan kt butuh imam buat ngelurusin. Jgn sampai pas adzan subuh kt yg bangunin. Pas maghrib msh kelayapan. Suami msh suka nongkrong2. Hidup ga semua tentang dunia. Walaupun suami bukan orang kaya saat ini, tapi kalo dia adalah suami yg sholatnya selalu d masjid bukannya itu adalah yg paling membanggakan. Lebih baik menikah karena iman drpd menikah krn harta. Apa yg dipunya saat ini ga selamanya dipunyai. Justru sukses nya pernikahan baru diukur setelah berumah tangga minimal sepuluh tahun. Tp kembali lagi, Anda yg berhak memilih.

Đọc thêm

Pilih B Jgn hny melihat kesolehanny aja si kalo menurut sy pribadi, krn sholeh blm tentu bertanggung jwb, krn prnh nemu kasus dri cerita org, suami alim rajin sholat suka pergi ke mesjid, tp kurang bertanggung jwb gitu sama keluarga, ada jg yg males2an kerja nya. Tp dlm agama islam alangkah baikny kita mencari jodoh dari agamanya. Nh si B tadi, inysAllah tu agamanya baik 😄 + royal lg kan sama keluarga, mengumrohkan keluarga Gak muna juga, setelah menikah, sbgai ortu misalnya, pastilah kita mau anak kita hidup bahagia dan udh terjamin pastinya. Merintis dari 0 itu tdk semudah yg dibayangkan dan dikatakan marimar 😅😅😅 Dan ak gak mau nnt anak ku dibawa hidup susah sama laki2 yg ingn menikahi nya. Krn mulai dari mengandung sja pun sbgai ortunya kita sllu memberikan yg terbaik rela keluar uang banyak utk apapun itu demi anak. Jik ada lelaki baik mapan udh punya rumah mobil kerjaan tabungan, why not ? Asalkan yg terpenting juga agamanya baik. Kalau udh syg keluarga si istri, udh fix si pasti baik.

Đọc thêm
4y trước

Setuju bun

Saya pilih A Ini menurut pengalaman saya pribadi dulu saya menikah dengan lelaki yg mungkin secara penghasilan belum jelas, tp yg jelas dia setiap sholat selalu ke masjid 5 waktu dan dia paham agama. Awal pernikahan kita hidup prihatin bener2 seadanya, tp kuasa Allah memang luar biasa. Setelah saya positif hamil di bulan ke 4 pernikahan rezeki dari Allah itu bener2 ada. Pekerjaan suami yg tadinya dagang hanya sehari dapet sekian, Alhamdulilah dilipatgandakan sekian kali oleh Allah. Alhamdulillah, ini bukan mau riya tapi hanya membuka mata hati para bunda, di 1 tahun pernikahan saya dan suami sudah daftar haji, 3 bulan berikutnya suami daftarin ibunya haji. Berikutnya kita dimampukan membeli mobil tanpa riba, dan di tahun ke 2 pernikahan Alhamdulillah kembali dimampukan membeli rumah non riba juga alias cash. Yg namanya rezeki itu Allah yg mengatur bun, sekali lagi lebih baik mengejar dan berusaha buat mendekatkan diri sama Allah daripada mengejar harta yg hanya sifatnya fana.

Đọc thêm
4y trước

Alhamdulillah bun, kami jualan aksesoris online, apa aja dijual.. Bunda lebih hebat dong, karyawan kami cuman 2 yg bekerja Setuju sama bunda, ngasih rejeki ke orang tua sama orang terdekat jangan perhitungan InsyaAllah usaha kita tambah berkah... MasyaAllah bun, semangat semoga dimampukan untuk bisa mendaftar haji

Sholeh yg gimana ? Dan biasabiasa aja yg gimana ? Karna dulu saya nikah in suami karna liat dia sholat nya tepat waktu, jadi kepala keluarga buat ibu dan 2 adek cewe, kerjaan saya hajya tau dia guru TPA di masjid (yg gaji jya tau sendiri ga nentu) Dan saya nolak cowo yg uda punya mobil rumah umroh in ortu nya ..(mapan banget) ..nunduk pandangan banget sama cewe tapi sholatnya masih bolongbolong dan temennya suka nongkrong, walau dia ga terlalu suka nongkrong..punya usaha properti, travel dan rental mobil Tapi sampai sekrang saya bersyukur sama suami saya Dan gaada nyesel juga milih suami, karna bonus dari Allah ternyata banyak banget yg ga aku tau, tau nya setelah nikah Sampai sekrang saya selalu nambah sayang kalo liat suami berangkat ke masjid pakai koko, sarung dan peci..pamit nyium saya Pilihan kaya gitu tergantung wanitanya sih..dulu doa mau dapet jodohnya yg gimana Dan taraf sholeh / biasabiasa nya seperti apa kan gatau juga

Đọc thêm

A. Alasannya karna rejeki sudah Allah yang ngatur saya lebih suka anak saya susah di awal dan sukses bareng suaminya. Ketimbang anak saya ketemu sama orang yang sudah mapan, keluarga yang kaya dan berpendidikan. Tapi anak saya hanya menikmati hasil yang suaminya berikan tanpa tau apa arti hidup susah. Suatu saat roda akan berputar, ketika bertemu pas lagi hidup di atas lalu jatuh otomatis nanti putri saya kaget.. Tapi, kalau putri saya punya suami lelaki sholeh, beriman, mau bekerja keras. Insyaa Allah ketika dia diatas dia tidak akan lupa terhadap istrinya.. Dan ketika di uji dalam segala ujian oleh Allah insyaa Allah. Suami dan putri saya sanggup melewatinya berdua.. Belom tentu kalau putri saya pilih B dan suaminya sanggup melewati segala macam ujian bersama putri saya.. Toh hidup tidak hanya untuk rejeki saja. Kita butuh keimanan yang mengantar kita ke Surga nya Allah..

Đọc thêm

idealnya saya pilih yg A, jujur dulu sebelum ketemu suami mengidam2kan jodoh yg sholeh, taat agama n bsa membimbing jdi sholehah jg. Tapi kesini2nya saya malah milih yg B. malah smakin realistis n sadar diri, bahwa gak ada org yg smpurna, aku gk bisa mendapatkan seseorang yg plek sma kriteriaku, pasti ada aja yg kurang. jadilah aku memilih lelaki yg biasa saja, pemahamannya jg standar, klo kata Ustad Kholid Basalamah, walaupun gk baik pemahaman agamanya paling tidak dia menjauhi yg haram dan melaksanakan yg wajib, dan itulah yg dilakukan suami saya, orgnya biasa saja, gak aktif di pengajian, tapi dia bijak, bertanggung jawab, jujur, penyayang n pkerja keras. n kluarganya jg sangat baik, dia wlaupun g trlalu paham agama tapi dia menerima setiap masukan dari ustad saya. Insha Allah suatu saat nnti klo dah g kerja di lokasi saya mau ngajakin dia aktif ngaji.

Đọc thêm

Pilihan itu adanya d hati bun.. bunda lebi sreg mana lebih bahagia dg yg mana.. sholat istikharah bun Saya waktu itu jg pilihannya 2 orang 1 punya mobil mapan kerja kantor baik sering anter kmna mana pakai mobil romantis ngirimn bucket bunga beliin apa yg aku mau 2 (suamiku) kerja electrik d pabrik masih kontrak dan kontraknya 2 thn lg habis. Ngirit klu main.. ga romantis To alhamdulillah d ksh petunjuk ternyata cowo yg ke 1 dy punya istri n anak ktnya mau cerai tp ak mnta surat cerainya dy g mau nunjukin Akhirnya pilih suami meskipun hdp kesederhanaan (Suami) alhamdulillah kita nikah dy langsung diangkat kartap n naik jabatan 😍 hbis nikah bulan berikutnya hamil 😍😍 Alhamdulillah 8jt lebih ckup untuk kperluan 1bulan. Terlebih ak emg ga boleh kerja n ak ga neko neko beli barang2 ... jd nabung buat dede n insyaallah pngn berangkat haji 😍

Đọc thêm
5y trước

Alhamdulillah..

Yg beneran sholeh dan ngerti agama, ga bakalan menelantarkan anak istri beserta keluarganya.. So, kalo dia bilang sholeh dan ngerti agama tp masih kerja serabutan, mungkin dia blm ngerti kalo kewajiban seorang suami adalah mencukupi segala kebutuhan keluarga.. Dan sbg anak laki², suatu saat nanti ketika ibu nya sudah tua, wajib baginya pula utk mengurus ibu kandung nya.. So, kalo masih kerja serabutan, suruh belajar agama lagi bund.. Biar seimbang antara kebutuhan rohani dan kebutuhan hidup Yg B juga tinggal memperbaiki keagamaannya.. Masih ada waktu sebelum terlambat.. Karena mau sekaya apapun kl ga ngerti agama juga takut kl ga ditanggungjawabin apalagi kl suatu saat bakal ditinggalkan utk kesenangan yg lain.. Laki berduit tanpa iman bakalan banyak cobaannya sis

Đọc thêm