Penghasilan banyak tp pengeluaran jg bnyak

Bun ini list pengeluaran ku tiap bulan . Sebenarnya pngen bisa lbih hemat tp rasanya sulit bgt Apa aku terlalu boros ya ? Dan untuk pemasukan perbulan 15jt sisanya aku tabung Edit : terima kasih atas tanggapannya bunda" semua ,untuk saat ini memang merantau di luar jawa dan bakalan pindah" tempat kerjanya makanya milih kos saja dr pda nyicil rumah ditempat rantau, rencana mau nyicil rumah kalau udah mutasi ke jawa Dan kenapa tiap bulan ada paylatter karena kalau beli" di shopp* hrus pkek itu klok mau dpt ptongan ongkir 🤭 Tiap hari masak tapi juga suka beli makanan atau jajan diluar 110rb itu harga gas pink yg 5kg ya .karena disini gak bisa beli yg 3 kg klok bukan warga asli sini Dan aqu* 38rb / galon

Penghasilan banyak tp pengeluaran jg bnyak
65 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

baca ini, jadi mikir. pantas saja aku gak pernah bisa nabung, mungkin klo di catat dan di kalkulasikan, pengeluaranku lebih banyak daripada itu. loundry, sebulan bisa sampe 900 ribu, karena full gak nyuci sama sekali. karena disini, susah jemur baju, gak ada space nya. kok bisa ya, orang lain se irit itu 😂 aku di Yogyakarta aja kota yg terkenal katanya murah, halah sama aja. tetep pengeluarannya gede. kemaren kepasar beli bumbu doang, abis 50 ribu. itu cuma dapet secumit secumit, seminggu aja gak bakal cukup buat masak bumbunya. itu baru bumbu, belum lauk yg lain. susah yaa, di zaman yg lagi apa apa mahal ini nyoba irit. klo irit makan, takutnya daya tahan tubuh anak anak drop. karena sekarang juga lagi musim penyakit, harus bener bener strong daya tahan tubuhnya. pusing banget kadang, ngontrol pengeluaran biar bisa nabung, karena harus fokus juga sama nutrisi dan daya tahan tubuh anak anak. gak cukup cuma makan lauk dan nasi. hrus ada vitamin, cemilan sehat, yougurt, buah, dll. makanya sering disindir uang abis buat makan tok 😆 ya daripada abis buat biaya ke dokter yaa. kadang suka nyesel kalo ngirit ngirit, udahnya harus kedokter karena imunitas lemah. biaya kedokter justru lebih mahal dibanding biaya hidup sehat.

Đọc thêm
2y trước

di jogja tanpa ac dan kipas angin, malem aja gerah bangettt. aku kebetulan di daerah kotanya, dan ya buatku yg biasa tinggal di desa, ini panas bangettt sih. makanya pas awal kejogja bisa mandi sampe 5 kali, ganti baju, bra, daleman, 5 kali juga karena aku gak betah sama bau keringet.

saya coba dari side view seorang suami. menurut saya itu sudah wajar kok. antara 40~50% yg bisa ditabung. tapi perlu rencana ttng goal untuk jangka menengah & panjang. Misal; karena saat ini kos, maka perlu rumah (terserah; mau beli jadi atau beli tanah & bangun sendiri), tentukan berapa tahun dari sekarang hal itu bisa terealisasi...? hal ini penting untuk motivasi kita dan mengukur seberapa konsisten kita. contoh saya sendiri, sdh berkeluarga dg istri + 3 anak. (kelas 6, 2 dan 2thn). tinggal di salah satu kota industri di Banten. (harga kebutuhan relatif tinggi/ hampir sama dg DKI). mungkin pengeluaran diangka 8-9 juta/ bln. gambaran sbb; - 5 juta pegang istri ( keb dapur, anak sekolah SD IT lmyn mahal) -1,5 jt ortu -1,5 juta; belanja bulanan + rokok suami - 1 jtBensin dll. Rumah & kendaraaan Alhamdulillah sdh ada. semakin tinggi penghasilan, semakin tinggi jg pengeluaranya, sdh hukum alam. yg terpenting kita paham akan posisi kita dan target goal yg akan dicapai. tips : tiap bulan setelah gajian saya langsung tabung sebagian ( sesuai hitungan ) ke reksadana. jadi nabung diawal,,,jangan nabung di akhir. kami hanya menghabiskan yg sdh dialokasikan diatas. (klo duit msh di ATM, kdng2 suka hilaf)

Đọc thêm

dulu anak aku pas belom pke clodi sebulan habis 300rb untuk pempers/pospak.. skrg udh lebih hemat walaupun awal aku ngeluarin 1.4jt buat stok clodi.. kebutuhan dapur ama makanan itu beda bun? aku arisan sebulan malah 500rb belom lagi aku punya asuransi 350rb pdhl gaji suami cuma umr wkkwkw.. gpp lah kalo ga gitu ga bisa nyimpen duit.. tp aku tiap hari masak bun, nyuci pake mesin cuci, listrik aku habis 300rb, anak aku minumny asi + susu uht belom lagi cemilan"nya, kontrakan bayar, kasih ortu sama mertua juga wlaupun ga banyak.. pusing aku ngaturnya mana aku juga ada shopee paylatter lagi wkwkkw pokoknya sukurin aja la mao boros mao irit ttep aja udh di irit"in juga tau" ntar ada kebutuhan dadakan untuk berobat kalo ada yg sakit dll.. uang cukup sampe gajian lagi aja udh alhamdulillah..

Đọc thêm

Kalau saya liat sih murah ya bun buah 1 bulan 50rb 🤔 saya buah 50rb cm 3 hari, sebulan listrik 200rbtermasuk irit sih. Masih ada gaji dan bs nabung mengapa pakai paylater? Kan jd ada bunga lho dan boros sih menurut saya. laundry 50rb sebulan luar biasa murah sih kalau di hitung 1 kg laundry 8rb misalnya jd bunda hanya laundry 6 kg doang 🤔 sebulan 6 kilo pakaiab berdua murah bgt sih 6 kg lho sebulan 👏🏻👏🏻👏🏻 1 baju 3 hari baru gantikah? Penghasilan 15 jt knp ga kpr rmh, dr pd ngontrak bayar bayar tp ga jadi milik, kalau kpr bayar cicil tp milik sendiri, di banding dipakai paylater dan ngontrak enakan beli rmh sekalian

Đọc thêm
2y trước

Iya bun saya yg ga faham 😁

Influencer của TAP

Sebelumnya mohon maaf nih Bun bukannya saya nyinggung. Berbicara tentang hal yang berkaitan dengan gaji itu sangat sensitif Bun, bisa dibilang itu Privacy dapur masing masing. Karena tiap orang beda beda penghasilannya. Melihat postingan bunda yang gak tanggung tanggung nyebutin nominal gaji 15 juta mohon maaf saya rasa itu ria Bun 🙏🏼 untuk management keuangan dan dapur masing masing rumah tangga orang itu berbeda jadi hanya Bunda sendiri dan suami yang bisa mengakumulasikan apakah itu terlalu boros atau tidak, bisa evaluasi sendiri yah dengan melihat pengeluaran 3 bulan terakhir apakah memiliki kenaikan atau enggak. Sekian dan Terima kasih dari warga +62 🙏🏼

Đọc thêm
2y trước

Saya sedang membayangkan seberapa banyak uang 15 juta itu bund 😃 Tiap bulan pulaa... Sangat bersyukur ya dpt gaji besar

Thành viên VIP

15 juta/bulan pertanyaan saya moms kerja di mana dan posisi apa?? . alhamdulillah suami gaji 5,4 juta saya irt doank ngurus ank 1 umur 1 tahun, ngontrak 1,3 jt/bulan. listrik 450/bulan pake AC kulkas TV mesin cuci magicom... anak susu S26, pempers 4 ball isi 38/bulan ,blm makan,bensin, mkn anak snack anak, ngasih ortu... alhamdulillah dengan suami gaji 5,4 tercukupi ampe skrg. kalau saya di posisi bundaaa suami dengan gaji 15 juta perbulan udh saya ambil rmh di cluster. hehehehehe.. just sharing ya bun...... mo gaji sekecil apa atau segede apa intinya bersyukurlah aja.

Đọc thêm

Gausah pake paylater mom, bunganya lumayan. Menurutku ga bisa disama ratain banyak atau gak setiap kebutuhan org berbeda. Kalaupun diliat secara kasar, gaji 15 ditabung kurleb 7jt itu artinya hampir separonya. Kalau menurut sy sih itu normal aja pengeluaran segitu… Ada org gaji dua digit, pengeluaran 80 persen dari gaji. Misalnya gaji 20jt, kepake 16jt sebulan. Saya sendiri ga bisa nabung padahal income lebih dari digit diatas. Saya single mom, cuma berdua sm anak. Tapi emg sy jujur boros, karena kebiasaan belanja dengan currency luar/asing.

Đọc thêm

sebenarnya itu juga tergantung masing-masing daerah sih bund , misalnya beli kebutuhan pokok dapur kan harga pasar sekarang juga naik terus pemasukannya bunda 15jt /bulan itu juga udah banyak yaa , total pengeluaran 8.3jtan itu sisanya di tabung udah bagus sih. Tapi kalau aku mungkin bakalan di bikin lebih hemat lagi , jajan & makanan itu bisa di kurangin sih 400 + 500 kan udah mau 1jt ya endingnya sama kan jadi masuk ke perut makan 😂 ohiyaaa bunda , jangan lupa sedekah ya biar semakin berkah

Đọc thêm
Thành viên VIP

penghasilan 15jt perbulan masih pake paylatter 🤣saya y penghasilan suami 8jt aja ktawa liatnya maaf yaaa 😁. padahal kalo mau ongkir gaperlu pake paylatter bun. saya juga Alhamdulillah suka blanja onlen di toko oren gratis ongkir ko tanpa paylatter 😅. apalagi kalo blanjanya banyak dapat cashback 😉. kos 1jt kmahalan itu masa setara sama ngontrak rumah. kontrakan 3 petak aja ga ampe sejuta mbak. mending ngontrak yaa memang sih kebutuhan orang beda2 dan gimana psikologisnya juga jadi gabisa di samakan kaya orang lain.

Đọc thêm
2y trước

lah kontrakan ku aja 3petak 1jt kx mom..di tangsel...kalo ngontrak rumah malahan lebig dari harga segitu..balik lagi posisi dmn dy domisili bun..aplgi gaji segitu berarti dy krjanya gk di perkampungan amat bun😄

Influencer của TAP

menurutku sih gak boros dan gak hemat juga. sesuai lah sama pemasukan nya bun. lagian itu yg besar kan bayar kos sama kasih ortu. klo kebutuhan dapur beda2 pasti yaa. aku sebulan juga 2-3jt pengeluaran (diluar kasih ortu dan cicilan). klo banyak jajan ya bisa lebih. berarti hampir sama lah kayak bunda. pemasukan ku malah masih dibawah 10jt bun. sejak hamil males bikin catetan keuangan soalnya, jd ga tau nih sejak punya anak pengeluaran pasti per bulan brp. klo aku yg penting bisa nabung dan sedekah.

Đọc thêm