Lahiran normal pakai bpjs

Assalamualaikum.. bunda mau tanya dong.. saya lagi cari info lahiran normal pakai bpjs. Kata temen saya lahiran normal enggak bisa pakai BPJS. Kecuali kita kerjasama dengan dokternya. Trs saya tlpn Rumah sakit yang mau saya gunakan untuk persalinan nanti. Saya tanya apa aja prosedur nya jika lahiran normal menggunakan BPJS. Di jawab dong dg operator. . " Harus ada pemeriksaan dari dokter dulu atau indikasi " saya tanya contohny indikasi ? Di jawab lagi iya seumpama lilitan atau sungsang . Saya mau memperjelas cuma sepertinya operator ny lagi ga mood alhasil ga saya lanjutin lagi. Krn seperti kurang berkenan gitu.. jika bunda ada info tentang prosedur melahirkan normal menggunakan BPJS di bantu sharing Bun. Terima kasih..

8 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Sepertinya setiap daerah (petugas) beda2 ya, saya domisili semarang, dlu anak pertama dr awal rencana pake umum/bayar, iseng2 bilang pake BPJS, sampai di IGD dicek baru pembukaan 1, kalau mau pakai BPJS harus sudah pembukaan 4 baru bisa, tp ya itu pas nyeletuk pakai BPJS kyk orang ngemis tau gk, tp pas suamiku sempat kesal dan bilang pakai umim, saya seperti gula yg dikerubungi semut, banyak ada dokter, perawat dan lainnya semua mendekat dong, jadi tidak harus ada indikasi, kecuali USG, dlu anak pertama hamil tua minta rujukan dipuskesmas mudah sekali dan tanpa harus ada indikasi, padahal BPJSnya yg KIS/dr pemerintah bukn yg mandiri, tp gak tau kenapa saat hamil anak ke dua mau USG pake BPJS hrus ad indikasi pdhal faskes saya dr awal pertama hamil smpe hamil ke 2 di faskes/puskesmas yang sama.

Đọc thêm

halo bunda faskes1 nya dimana? apakah di faskes1 nya ada fasilitas bersalin? kalo di faskes1 nya ada fasilitas bersalin, maka untuk melahirkan menggunakan bpjs hanya boleh di faskes1 nya, kecuali ada indikasi tertentu, seperti yang bunda sebutkan, maka faskes satu akan memberikan rujukan ke faskes tingkat lanjutan kalo di faskes1 nya tdk ada fasilitas bersalin, maka sudah pasti ada atau tdk ada nya indikasi, akan langsung di rujuk ke faskes lanjutan. kalo misalkan mau melahirkan normal tanpa rujukan, bisa datang langsung ke ugd, tapi harus dengan kondisi darurat, seperti pecah ketuban, pendarahan, pembukaan di atas 4(longgar)

Đọc thêm

lah saya barusan banget kemaren tanya ke faskes 1,tapi yg rawat inap ada ugd 24 jam terus saya tanya disini bisa melahirkan normal, bisa katanya terus biaya tambahan nya berapa kalo ada bpjs , ga pake biaya tambahan tapi kalo yg di kotanya ada faskes rawat inap, kalo faskes bunda bukan rawat inap tinggal ke bpjs aja ganti faskes cari yg rawat inap yg kira kira agak dekat dengan lokasi bunda

Đọc thêm
3y trước

alhamdulillah kalo bunda ts udah melahirkan dan bisa pake bpjs

Thành viên VIP

Kalo RS tempat saya melahirkan dulu, melahirkan pervaginam bisa ditanggung BPJS dalam kondisi darurat, lewat IGD. Yang tergolong kondisi darurat untuk melahirkan pervaginam yaitu pecah ketuban atau bukaan lebih dari 4. Kalo dicek bukaan masih di bawah 4 biasanya disuruh pulang dulu, nanti kalo kontraksi udah lebih intens balik IGD lagi

Đọc thêm
3y trước

Alhamdulillah.. Selamat yaa

Influencer của TAP

Itu bunda harus berkoordinasi dengn petugas puskes tnya kan apakah ruma sakit yg bunda tuju ada dalam rujukan itu atau tdk, jika ada bunda periksa trus minta surat rujukan untuk rmh sakit tersebut, jika sudh dpt surt rujukan, bunda langsung mendaftar dirumah sakit tsb, krna jangka waktu surt rujukan itu 3 bulan

Đọc thêm
Thành viên VIP

beda RS beda kebijakan ya bun. ada yg bisa lahiran normal pakek bpjs tanpa indikasi, syaratnya udah bukaan 4 ke atas dan lgsg ke IGD. ada jg yg harus dapet rujukan dari faskes 1 dan biasanya kalo rujukan begini pasti ada indikasinya.

bisa bun dirumah sakit. kita harus periksa dulu sama dokter di rumah sakit itu. setidaknya 1 kali periksa bun. soalnya nanti kalau udah bukaan. kita ke UGD di tanya nanti sama dokter siapa kita pernah konsultasi.

lahiran normal full covered by BPJS tertulis di faskes 1 bund. coba ini saya beri linknya https://www.orami.co.id/magazine/melahirkan-dengan-bpjs-bagaimana-prosedurnya-ini-penjelasannya/

Đọc thêm
Post reply image
3y trước

Alhamdulillah bunda saya sudah lahiran November kemarin . Alhamdulillah ibu dan bayi sehat .. juga BPJS bisa di gunakan di RS.