Izin Bertanya Bunda...

Assalamualaikum, Bun saya mau tanya. Saya UK 13weeks, dari awal kehamilan saya ditangani oleh dokter obgyn. Nah saya d suruh cek lab. 2 Minggu yg lalu saya ke Puskesmas niatnya agar d kasih buku pink, dan ternyata disna pula saya d cek darah. Ternyata ada yg kurang, saya belum d cek urine. Yg mau saya tanyakan, kalau misal d tes urin tuh memang harus d awal kehamilan kah? Karena menurut teman2 saya yg d tangani oleh bidan, ya cuma d cek lab biasa aja gtu. Itu pun pada saat kehamilan 7 bulan untuk mengecek HB nya. Dan misal d cek lab apa bisa d tanggung BPJS kah? Karena ketika saya kirim list apa aja yg harus d cek ke temen saya bagian lab, kurang lebih budgetnya itu 3 juta. Sedangkan d puskesmas katanya gratis. Saya jd bingung Bun. Mohon sarannya bagi bunda2 yg sudah pengalaman. Karena ini kehamilan pertama saya..Misal memang budgetnya mahal saya mau persiapan dngn suami, karena saya kan disni merantau dan d puskesmas hanya bisa menangani 1 kali BPJS karena beda faskesnya diluar kota. Jd klo mau d tangani d puskesmas sini harus d pindahkan dlu. Sedangkan niat saya lahiran bukan disini Bun. Terimakasih 🤲

9 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Halo bun, di usia kandungan 8w saya udah dikasih rujukan sm dokter buat test lab bun, test nya mulai dari darah lengkap, vitamin d, urine lengkap, ferritin, torch igg dan igm, vdrl, glucosa sewaktu, anti hiv, Hbs Ag dan Anti Hbs.. Kalau kemarin saya test nya pakai biaya pribadi bun krn blm ada BPJS, dan memang untuk biaya nya benar seperti yg dikatakan sama temen bunda.. malah kalau di lab swasta bisa lebih mahal bun krn saya jg sblmnya udh searching2 total biaya nya (bisa di cek lewat aplikasi dari masing2 lab tersebut).. Kalau untuk test nya bisa di puskes bun tapi untuk yg tidak tersedia di puskes baru deh coba ke lab lain bunda, lab punya pemerintah seperti BBLK itu biaya nya lebih murah bun..

Đọc thêm
1y trước

Saya kurang tau bun bisa ga test tanpa ada rujukan, soalnya saya kemarin dari dokter nya langsung dikasih rujukan berbentuk form gitu nnti di ceklist2 yg ditest apa aja..

saya awal cek itu 6w, sampe cek terakhir di 8w buat liat djj (dari awal di obygn) belom disuruh cek ini itu bun. saya juga rada was was karna belom kontrol lagi, baru minggu besok usg ke 14w. dan rencana kalo emang disuruh cek lab dll, mau di puskes aja biar murah walaupun pake umum. kalo cek di klinik kayak prodia dll itu mahal bisa 3jutaan (pengalaman gitu). temen temen juga kebanyakan di TM 3 bun cek lab nya sih. btw, untuk puskes yg pembayaran pribadi bisa dipuskes mana aja kok:)

Đọc thêm
1y trước

Aamiin, sehat sehat ya bun:) iya aku juga mau coba di puskes nanti kalo suruh cek ini itu hehe

biasanya kalo mau cek lab kehamilan di puskesmas maupun klinik di cek darah sama urinnya bund.. meliputi HB, GDA, protein urine, hiv dll.. banyak bund.. ada 8 kalo gak salah atau malah lebih, kalo di puskesmas pake bpjs gratis, kalo gak pake bpjs biaya 20-50rb tergantung kebijakan puskesmasnya. kalo diklinik saya tanya dokter agak mahal, kalo lengkap sekitaran 600rb. terus sama dokter disarankan di puskesmas saja. kalo buku pink, emang sama bidannya gak di kasih ya bund?

Đọc thêm
1y trước

iya bund, di sini katanya cek urine cuma pas tm 3 aja , temen" ku jga gtu bund . makanya aku jga bngung

aku hmil 15week bun, kmren dri uk 6week aku udh lgsg cek darah dan urine di puskesmas dpt buku pink juga bun, krna emg klo bisa kita cek lab itu 2x selama kehamilan di TM1 dan TM3. aku gk ada bpjs juga bun kmren cek di puskesmas cuma byar gk smpe 50rb. klo di lab kyk prodia gtu emg kisaran 2-3jtaan bun trgntung yg mau di cek lgi

Đọc thêm
1y trước

bun kalo jalur umum semua puskes bahkan rs bisa kok:)

Kalo bidan cuma cek darah aja bun biasanya, untuk liat penyakit kya hiv spilis sm cek hb , tapi kalo di puskes biasanya pake urine, dan kalo obgyn jg minta cek urine . Soalnya aku di bidan beliau blg urine nanti tm3 . Sdgkan pas usg sm obgyn dipinta hasil urine terus ..

1y trước

aku tm1 kmarin cuma di cek darah aja bund , urine nya gak, pas di puskesmas

Thành viên VIP

halo bun pindah faskes BPJS aja lewat JKN mobile ga ribet kok aku jg usah beberapa kali pindah2 faskes krn nyari yg nyaman. gratis ga perlu ke kantor Bpjs lg 😇 untuk cek lab ke puskesmas aja gratis sih waktu aku hehe ceknya usia 8weeks waktu itu

Post reply image
1y trước

Aamiin semoga bunda jg sehat

bisa kok bun kalau ke puskesmas buat cek urine aja. umum jg bisa. saya dlu hamil anak pertama cek lab dan cek urin dipuskesmas umum. kalau cek urine aja sekitar 20-35rb.

1y trước

sama" bunda. karena dlu emang saya belum punya bpjs. jadi tiap periksa ke puskesmas jalur umum terus. pemeriksaan dan obat atau vitamin semua gratis. tpi kalau cek djj pakek doppler bayar 15rb, cek darah sekitar 30-50rb tergantung cek apa aja, cek urine itu tdi, usg bayar 50rb. itu klau di puskesmas tempat saya sini sih bun. tindakan yg butuh alat aja yg bayar pokoknya. kalau sekedar konsultasi dan pemberian obat atau vitamin gratis meskipun umum

cek yang penting aja Bun, aku cek lab yang menurut dokter penting biayanya cuma 500K Bun ( cek Hb, gula sewaktu, HIV, urine, Hepatitis )

Bisa pindah faskes via aplikasi JKN bund