Banjir Asi

Assalamu'alaikum Bun mau tanya dong gmna ya cara ngatasin banjir asi anak ku usia ny 2 bln 27 hari, soal nya kasian Bun kalau udah laper pngn Mimi suka kesedak karena asi ny slalu banyak Mohon info nya y bunda"

13 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Tips menghadapi keluarnya ASI yang terlalu banyak 1. Berikan satu payudara dalam satu waktu Biarkan bayi menyusui di satu payudara sampai selesai, hingga ASI di payudara itu habis. Biasanya, bayi akan menyusu pada satu payudara dengan durasi 15-20 menit. Jika kurang dari waktu tersebut, tawarkan payudara yang sama saat ia ingin menyusui lagi. Lakukan hingga dia melengkapi estimasi waktu 15-20 menit. Jangan menawarkan payudara lain setelah waktu ini, kecuali jika bayi benar-benar lapar dan ingin menyusui lagi. Bayi baru lahir biasanya hanya ingin mengenyot tanpa menyusui, sebab dia tidak lapar. Jika payudara membengkak, pompalah ASI-nya. Namun jangan biarkan payudara benar-benar kosong. 2. Ubah posisi menyusui Posisi berbaring bisa membantu ASI keluar lebih perlahan karena bantuan gravitasi. Anda bisa berbaring menyamping dengan bayi di sisi Anda, dan menyusui dengan posisi ini. Atau menempatkan bayi di atas tubuh Anda dan biarkan dia menyusui dengan posisi ini. 3. Kendalikan aliran ASI Sebelum memberikan payudara Bunda kepada bayi, cobalah memerah ASI beberapa tetes dan memasukkannya ke dalam botol. Atau membersihkannya dengan kain, baru memberikan puting pada bayi. Bila Bunda melihat bayi terlihat akan muntah, lepaskan mulutnya dari puting, peras ASI sedikit dan kembalikan dia ke posisi menyusui. Setelah itu pastikan bayi untuk sendawa, supaya dia bisa mencerna ASI dengan lebih baik. 4. Memompa ASI bila perlu Jangan memompa atau memerah ASI kecuali Bunda memerlukannya. Jika payudara yang kosong dipompa, hal tersebut akan memberi tanda pada tubuh untuk memproduksi lebih banyak susu. Jadi, jangan pompa ASI terlalu sering, dan jangan sampai ASI habis. Secukupnya saja agar Bunda merasa nyaman. 5. Gunakan kelebihan ASI Jika semua cara sudah dilakukan, namun produksi ASI Anda masih berlebihan, sumbangkanlah ASI pada bayi-bayi yang membutuhkan. Atau Anda juga bisa mendiskusikannya dengan konsultan laktasi. Biasanya, masalah kelebihan ASI akan teratasi sendiri ketika bayi tumbuh besar dan tahu cara menghadapi ASI yang keluar dalam jumlah banyak. Dan tubuh Anda juga akan terbiasa dengan kebutuhan bayi sehingga proses permintaan dan produksi ASI bisa tersinkronisasi. Semoga bermanfaat.

Đọc thêm

Hai mba. Minggu2 awal stlh lahiran dlu aku smpet stress karna kayak gtu juga. Baju bolak balik basah karna rembes. Tapi stlh 2 bulan produksi asi akan menyesuaikan kebutuhan bayi, kelamaan produksi asiku berkurang sesuai kebutuhan bayiku. Ngga perlu sering pumping. Pumping kalo uda berasa bengkak aja tpi jgn sampe sakit. Kira2 kalo mau nyusuin diperah dulu aja sedikit supaya ngga terlalu deras.

Đọc thêm

Dipompa sampe setengah kosong ato ga banjir. Ato saran dr dsa, saat menyusui, puting bundanya dijepit pake jari telunjuk dan tengah (pose gunting) buat mengatur keluarnya asi, jd putingnya agak dijepit, dilepas, dijepit dst.

Thành viên VIP

Dipumping dulu sebelum menyusui tp jangan bnyk2.. Krn saya jg gitu banjir asi anak suka kesedak dan rewel pas nyusu akhirnya saya pompa dulu sebentar aja biar ga terlalu penuh. Baru anak anteng nenin.

kalo dbf smbil agak di pencet bun putingnya biar ga terlalu deres .. kalo di pumping dulu aku mah ga sempet dn khawatir jg foremilknya ga minum klo di pumping

Dipompa bun masukin botol buat kalau lagi ditinggal beres2 apa nanti kalau kasih nen agak dijepit jari bun pd nya

Alhamdulillah donk bund klo smpe banjir².. klo kwalahan.. bsa d pumping aja bund.. 😊

Thành viên VIP

Dibantu pumping dulu setengah bun

Thành viên VIP

pumping dl sblm ksh ke dd bun

Di bantu pumping aja bunda