CARA BACA HASIL USG

Para bunda di sini, tolong bantu jawab pertanyaan saya, ya... Lagi bingung banget. Di hasil USG, tertera EDD nya sampai 3 kali. Ada yang awal Agustus, ada yang akhir Agustus. Bunda di sini biasanya pakai patokan yang mana? Saya beberapa kali USG, EDD nya ganti-ganti terus. Kadang akhir Juli, kadang awal Agustus, kadang akhir Agustus, pernah juga awal September. Btw saya periksa di 2 tempat, bidan dan dokter kandungan. Pas USG di bidan, HPL saya akhir Juli (tapi EDD di USG tulisannya kebanyakan Agustus awal hingga pertengahan), sedangkan waktu USG di dokter kandungan, HPL saya justru antara akhir Agustus sampai awal September. Padahal, ini posisinya saya sudah ambil cuti kerja, sebab dari awal, acuan saya ya HPL yang ditulis sama bidan. Baru satu kali di pemeriksaan terakhir, saya ke dokter kandungan karena ada sedikit masalah terkait detak jantung janin. Ehh, sama dokter kandungan, malah fokusnya bukan di detak jantung (detak jantung normal, katanya), tapi malah fokus ke usia kehamilan dan HPL. Katanya, usia janin masih 8 bulan, belum 9. Mohon pencerahannya bund, barangkali ada yang lebih paham cara baca hasil USG

CARA BACA HASIL USG
2 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Influencer của TAP

Kalau menurut saya Hpl itu kok tetep acuannya yg pakai HPHT deh bun. Jadi utk usia kehamilan dan hpl itu ya patokannya ya hpht itu. Sedangkan hpl hasil usg itu kadang bisa berubah" sesuai sama berat janin, ukuran kepala, ukuran perut, dll. Kemarin hari senin tgl 17 juli kan saya usg. Saya tanya sama dokter penjelasannya seperti itu. Krna Hpl saya yg pakai acuan HPHT kan 13 Agustus. Di usg jadi 30 Juli. Nah saya tanya kan itu. Penjelasannya ya krna usg itu lihatnya dari berat janin. Di usia kehamilan aku 36w1d berat bayiku sudah 3,1 kg. Sudah siap kalau memang mau lahir. Jadi dokter memperkirakan sebelum hpl udah lahir. Gitu bun.

Đọc thêm
12mo trước

iya bund, biasanya pakai HPHT. Tapi di kehamilan kedua ini, HPHT saya Oktober, dan November pas saya telat haid, saya testpack + USG hasilnya negatif. Pas Desember masih telat haid dan testpack+ USG lagi, baru positif. Jadi yang bikin bingung di situ; ini dihitungnya dari Oktober atau November 😂

Kalau Hpl saya dulu pakai patokan yg dari bidan, dihitung dr tgl haid terakhir. Saya pernah punya kasus yg sama, pas USG EDD nya beda, mundur sampai sebulan. Itu artinya ukuran janin lebih kecil dr usia yg seharus nya. Oleh dokter disarankan utk terus konsumsi vitamin kehamilan (saya pakai folamil genio), ditambah makan makanan yg manis2 seperti es krim utk nambah bb janin nya. Akhirnya anak saya lahir nya H+7 dr hpl yg dr bidan, bund, dg BB yg cukup, tidak terlalu besar, 2.9kg.

Đọc thêm
12mo trước

betul, bund. itu juga sesuai ukuran janin yg terekam di usg nya. kadang juga yg terekam dg keadaan nyata nya bisa beda, bund. ada kasus yg beberapa jam sebelum melahirkan di usg bb janin sekian, pas lahir ternyata beda bb nya. jadi utk edd ini tidak perlu dikhawatirkan, selama tidak ada tanda2 bahaya yg lain spt kondisi djj, air ketuban, dll.