Umur 17 bulan belum bisa bicara

Mom... Anakku belum bisa bicara, tapi dia mengerti perintah sederhana seperti disuruh menutup pintu atau mengambil remote. Kalau kita bilang ciluk... Dia jawab "baaa". Kalau ditanya "ryuji mau apa?" Dia jawab "mamam" ( minta mimik).Gak pernah manggil ayah atau bunda walaupun sudah diajarin. Apa sudah harus dibawa ke DSA tumbang ya mom??. Galau banget emaknya tiap hari... Waktu lahir dia gak langsung nangis, badannya biru keunguan.. apa ada pengaruh itu gak ya mom??

7 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

apa keseharian bunda orangnya kalem ??? maksud saya bunda bukan orang banyak omong. soalnya anak kakak ipar saya, juga begitu. kakak ipar dan istrinya tipe yang kalem, kalo ngomong lembut gitu. jadi anaknya di umur segitu masih bubling,, baru setelah sering ketemu anaknya mulai lancar bicara (dulu ldm, seminggu sekali ketemu, satu bulan lagi 3 tahun) komunikasi atau bonding antar suami dan bunda juga penting di perlihatkan di depan anak. banyakin ngobrol, ngoceh dengan anak,, libatkan pak suami juga dalam pengasuhan. usahakan kurangi screen time. atau lebih baik langsung ke dsa saja bun. biar di observarsi ahlinya. Semangat yaa bun😇

Đọc thêm
4mo trước

ajak ngobrol biasa saja bun. tidak usah memaksakan anak buat mengikuti perkataan kita. kalo ngomongpun usahakan tidak usah di cedal cedalkan atau di buat lucu. Semamgat semangat bun.

anakku jg sama bun. tapi kesini-sininya mulai ada ocehan meskipun buntut nya aja. kayak mas dia bilang esss.. mama, papa, es, nenek, iyo, waktu itu pernah ku bawa vaksin ke dokter yang concern tumbang .. dokternya bilang anakku kurang stimulasi, harus sering diajak ngobrol 4 mata. tatapan mata itu penting, nyanyi, stop screentime.

Đọc thêm
4mo trước

iya bun, ini lagi usaha sering ajak ngobrol.. dari yg saya baca katanya terapis terbaik untuk anak speech delay justru ortunya... makasih ya bun sarannya...

Kalo saya lebih sering main dg Ayahnya Mom. atau bermain di outdoor.

4mo trước

oke bun... makasih ya sarannya... semua saran dr bunda2 kece di sini saya praktekan..

Bund coba saja ke dsa dulu ya,biar bunda lebih tenang.

4mo trước

iya bun... kalau dlm bulan ini belum ada perkembangan kita mau konsul k dsa makasih ya bun

jangan galau bun terus d stimulus aja

Ko sama kaya anakku mom

4mo trước

semangat bun... kita ajak ngobrol sesering mungkin. saya juga lagi usaha..

Thành viên VIP

Sejauh ini udah bisa berapa kata?

4mo trước

bunda reny widiya, semoga anak kita lancar ngomongnya... insya Allah...