Jujur yuk, Bun, pernah nggak sih secara sengaja atau tidak sengaja melakukan Mom shaming (mempermalukan ibu lain)?
Nêu ý kiến
Aku pernah sih
Nggak pernah lah

26511 nhiều câu trả lời

161 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Influencer của TAP

malah pernah dipermaluin sama ibu lain... saya tidak sekolah, tapi kedua anak saya pandai dan tertarik dengan bahasa inggris... berhitung, menghafal nama hewan, buah,warna dan barang2 dirumah dengan bahasa inggris... suka nanya sama saya ini bahasa inggrisnya apa, itu bahasa inggrisnya apa... kalau saya tahu saya jawab, kalau enggak saya cari tahu lewat google. sampai anak2 hafal banyak kosakata dalam bahasa inggris... karena saya bangga sama anak saya, saya pernah sekali unggah video kedua anak saya yg sedang menghafal warna dalam bahasa inggris. ada seorang teman yg juga ibu mengomentari video saya "Alah gaya! sok2an, belagu... sekolah kagak, sok banget anak nya diajarin inggris. kaya anaknya mau jadi apa aja! " sedih sih, tapi saya bersyukur... anak saya blm bisa lihat sosmed, video langsung saya hapus.

Đọc thêm

Anti mom-shaming. Kalau mau ngasih masukan atau tips, sharing sesama bunda ya gpp. Itu kan bisa baik2 dan menurut aku bukan mom-shaming. Contoh kalimat bukan mom-shaming:"Bun, setahu aku sebelum 6 bulan belom boleh dikasih bubur. Coba bunda ke DSA dlu deh kalau mau mpasi sebelum 6 bulan." Itu masukan dan bukan shaming. Kalo mom-shaming kalimatnya begini:" Ih goblok! Bayi belum boleh makan bubur sebelum usia 6 bulan. Jadi emak kok begonya kelewatan!?" ya klo gtu sih menurut aku mom-shaming. Beda dengan ngasih masukan. Jadi kalau bisa mom-shaming dihindari aja. Gak ada yg sempurna. Menasihati boleh tapi kan bisa baik2.

Đọc thêm

Dari dulu dari jaman belum nikah say memilih lebih baik gak komentar apa” tentang postingan orang lain, apa yang di lihat bahkan kalau ada kejanggalan saya memilih hanya mendengarkan, kalau di mintain pendapat saya sangat hati” dalam berbicara kalau hal yang baru saya tau atau saya tidak tau saya memilih tidak berkomentar ... Karna waktu sebelum nikah pernah jadi korban, dan membuat saya kurang PD cenderung membatasi untuk kegiatan pribadi, terutama memposting kehidupan pribadi dan keluarga .. Kalau saya ada di posisi itu , mungkin hanya mendengarkan dan cm cerita ke suami.

Đọc thêm
Influencer của TAP

Ya gak dong.. suka heran kalau ada yang mom shaming, itu kenapa sih mulut nya? Gak diajarin etika tentang bagaimana ngomong yang bener biar orang lain gak tersinggung atau memang udah begitu bawaan nya turun temurun ya? Nanti kalau korban marah atau tersinggung di bilang baperan. Punya mulut tu dijaga, berucaplah yang baik2, jangan bawa bercanda kalau masalah mulut. Mulut tuh lebih tajem dr pedang tau gak. Bahagia banget kayak nya gitu ya kalau nyinyirin orang. Udah berasa cantik dr ujung kaki sampai rambut apa gimana?

Đọc thêm

Aku typical orang yang lebih banyak diem, ga ngomong kalo ga penting. Lagian kalo mau ngomong tuh aku mikir dulu bener engga yang mau aku omongin nih, nyinggung orang ga, bisa diterima orang lain ngga, karna kadang kita kalo mau ngasii saran tuh bisa salah tanggep orang yang dikasii saran, mikirnya kita ngekritiklah shaminglah dll padahal niatnya baik da caranya juga udah baik². suka heran ama orang, ga suka di begituin, dibaikin nyangkanya dijahatin, padahal mereka sendiri yang suka main shaming ke orla..

Đọc thêm
Thành viên VIP

Alasannya.... Pasti pada tau dong tidak ada api, kalo tidak ada asap! Nah, dimulai dari Si ibu X & Z juga Bu RT ini yang pertama kalinya bikin ulah. Why! U bayangin coba! Di-bully gak bisa lahiran normal lah, gegara jatuh dari motor karena ga distandar dulu didoain mat*, dikatain kulit wajah, kulit badan kok dekil, dll. Ya saya orangnya ga suka dibegitukan, saya balas. First time, saya diem, but next day saya balas membabi-buta!

Đọc thêm

Dulu sebelum jadi ibu beberapa kali mengomentari pola asuh orang tua lain, setelah jadi ibu baru mengerti parenting itu challenging sekali dan benar benar personalized —berhasil di A belum tentu dan tidak harus berhasil di B. Apa yg ideal buat saya belum tentu ideal untuk orang tua lain dan sebaliknya. Jadi sekarang belajar untuk ga judgmental terhadap orang tua lain. Tidak mom-shaming dan parent-shaming sejak dalam pikiran ♥️

Đọc thêm
Thành viên VIP

pernah banget, karna dia duluan, mantannya suami d fb sindir suami nikah sama tante" padahal umur saya sama dy tua dy 4 tahun.. kesel saya kebawa emosi jd sindir dy balik.. lebih kejam .. tp cma itu aja yg saya sadar mom shaming.. klo yg lain saya gak tau gak sadar mungkin pernah nyakitin ibu ibu lain..

Đọc thêm

Terkadang ada ucapan yg menurut kita biasa aja, belum tentu di bunda lain itu biasa. Kadang sy mikir, mungkin ada beberapa kta khilaf yg tdk sengaja. Karna gx luput dr kesalahan. Saya duku pernah tersinggung dr momy lain, tp kalo dr sebagian org mungkin biasa tp bagi sy itu menyinggung. 😊.

Pernah ke tetangga dengan sengaja, soalnya udh bener2 kesel,suka nitip2in anaknya ke rumahku jatuhnya lama2 manfaatin.ternyata dia sm suaminya asik2an main hape sm makan2.bukannya ngurus rumah mumpung anknya ada yg ngajakin mlh ibunya yg sibuk ky pembantu mereka.