usg

Mau tanya bun kemarin kan saya usg di kehamilan 6 bulan (24-25 minggu) Tapi sama dokternya kok di tulis 28-29 minggu yah, terus hpl dari bidan saya sama dokter yang usg mundur 1 hari, yang awalnya tgl 28 januari sama dokter yang usg di tulis tgl 29 januari, harusnya kan semakin tua umur kehamilannya semakin maju juga hpl nya, itu bagaimana bun ?? Yang salah hasil usg (dokter) nya apa dari saya ??

10 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Perlu bunda ingat HPL adalah Hari perkiraan lahir bukan hari pasti lahir. HPL dihitungnya berdasarkan hpht/usg TM 1 tujuannya untuk menentukan kapan janin usianya 40minggu. Jadi tiap pemeriksaan bunda acuan umur janin tetap berdasarkan HPL pertama kali aja ya bun. Tujuannya pemeriksaan adalah memastikan perkembangan janin sesuai dengan umurnya Kalo nanti pas usg di trimester 2/3 hplnya jdi maju, berarti ukuran janin lebih besar dari usia seharusnya, karena usg menentukan hpl pake ukuran janin, semakin besar janin dianggap janinnya makin tua, jadi tiap2 usg bakal berubah2 hpl nya. Jadi prinsipnya bukan semakin tua semakin maju hpl ya bun.

Đọc thêm
5y trước

Pernah ada kejadian, operasi secar diusia 38w, dianggap janin udah cukup umur, ternyata pas lahir harus masuk NICU karena kurang umur. Hal tsb bisa terjadi karena usia janin berpatokan ke USG TM2/TM3 yang semakin lama bisa saja semakin maju. Padahal jika menggunakan hpl dari USG TM1 mungkin janin nya masih 35-36 minggu.

Saya juga gitu, hasil USG dokter ngeliat dari ukuran janin. Jadi HPL nya ada yang 5, 6, 7 Februari.. Tapi tetep dokter ngikutin HPHT. Walaupun nantinya bisa maju seminggu atau mundur seminggu

Mmg beda" kadang hitungan nya mba 😅 yang penting sehat ajh debay nya lebih dari cukup 😇

Thành viên VIP

saya perkiraan tgl 28 malah dimajuin hpl nya jadi tgl 6 januari

Thành viên VIP

Hpl Beda sdkit gk pp bunda it kan cuma perkiraan lahir

kadang memang suka beda hitungan bidan sama hasil usg

Thành viên VIP

hpl kn hnya perkiraaan bun... y bisa maju atau mundur

Patokannya ygvbner jgn hsil usg tp hpht bubda

5y trước

Klo spog biasanya dr hsil usg .usg it kan itung nya hpl dr besar kecil janin bkn hpht

Thành viên VIP

Kalau cm beda sehari gk masalah bun

Sy jg beda bidan sama dr tp itu hal biasa ktnya wajar bun