149 Các câu trả lời

Kalau suami istri golongan darah nya berbeda memang resiko golongan darah berbeda pada anak itu juga besar Kalau anak goldar B sedangkan ibu O , kemungkinan besar kelak bisa terjadi “inkompatibilitas golongan darah ABO” Tetapi itu tidak mematikan, bund Hanya saja BIASANYA dan KEBANYAKAN bayi akan lahir kuning di 24 jam pertama pasca kelahiran Normalnya kan bayi kuning di hari ke 2 setelah lahir dan itu perlahan Jika terjadi inkompatibilitas golongan darah ABO, kuning nya sejak awal lahir Jadi ada kemungkinan untuk di sinar itu besar Tatpi jangan kawatir karena itu tidak mematikan tetapi harus di sinar, karena kalau tidak, bisa menimbulkan kejang/ kern ikterus Ada yg namanya Inkomptibilitas rhesus Ini terjadi jika warga indonesia menikah dengan warga asing Warna indo rhesus + sedangan warga asing terlebih erop rhesus - Anak bisa rhesus - mengikuti ortu yg WNA Jika anak rhesus - anak pertama biasanya masih selamat karena tubuh ibu belum membentuk proteksi diri Tapi KEBANYAKAN jika terjadi lagi beda resus di anak kedua , anak kedua bisa di lisiskan / meninggal Semoga jelas dan membantu ya bund

Iya bun semoga rhesus anakku negatif jg . Aamiin

orang dg golongan darah O mempunyai antibodi/sistem imun terhadap golongan darah A, B dan AB,, begitu pun jg dengan rhesus, orang golongan darah rhesus negatif mempunyai antibodi/sistem imun terhadap rhesus positif,, jadi kalo ibu dg golongan darah O, dan ayah yg berbeda golongan darah, bisa jadi bayi tsb mengikuti golongan darah ayahnya,, dan krna di dalam rahim, makanan, nutrisi, antibodi dll itu masih terjadi pertukaran didalam plasenta, akhirnya antibodi ibu menyerang golongan darah bayi,, tapi biasanya bayi hanya menderita kuning saja, atau bilirubin tinggi, dimana bilirubin itu hasil pemecahan sel darah merah bayi yg diserang oleh antibodi ibunya,, begitu jg dg kasus rhesus,, tapi insyaAllah stlh diberi ASI yg cukup dan dijemur, bayi akan kembali normal,, itu saja yg saya ketahui sbg petugas kesehatan, mohon maaf apabila ada yg salah,,

Wah terima kasih ya bunda" semoga sehat selalu Aminnn

Ada yang namanya inkompabilitas ABO bun, jadi ada reaksi ketidakcocokan golongan darah antara janin sama si ibu, gejala yang timbul biasanya berupa kuning pada si bayi (kuning jg sebabnya macam2) Nah ini bisa terjadi kalo si ibu gol darah O, dan si bayi gol darah A atau B atau AB Makanya karena si ayah gol B, si bayi bisa golda O atau B (tergantung genetik B si ayah) Tapi secara umum gejalanya ga separah kalo yang kejadian beda rhesus bun, si ibu negatif tapi si anak positif Intinya bunda ga usah khawatir Nanti kalaupun bayi nya kuning bakal dicek lagi golda nya, apakah memang kuning biasa atau karena inkompabilitas ABO (kejadiannya juga jarang soalnya)

Wahh terima kasihh bunda.. sangat bermanfaat sekali

Hai bunda saya memiliki golongan darah AB sedangkan suami golongan darahnya O.. saat anak pertama saya lahir dia terkena infeksi dan bilirubin tinggi, dan dari penjelasan dokter anak itu dikarenakan golongan darah suami saya dan saya. Sedangkan golongam darah anak saya B dan itu menyebabkan bilirubin cenderung tinggi sampai harus disinar selama 2 hari. Setelah pulang ke rumah juga kuningnya lama hilang. Tapi semoga kehamilan dan kelahiran anak bunda dilancarkan ya... Stay positif... Saya juga sedang menunggu kelahiran anak ke dua saya, semoga tidak seperti kakaknya dulu.

Sama2 bunda... Iya terima kasih

Usahakan cari artikel yg berdampak positif. Bukan malah cari artikel yg bikin bunda kepikiran yg enggk². Toh gak ada untungnya, malah bikin beban dikepala, trus²an terngiang². Bunda tau kan, kalo lagi hamil gak boleh bnyak pikiran, ini pula bundanya malah ngundang hal yg bisa bikin banyak pikiran dikepala bunda 🤣🤣🤣 Ayo lah, org hamil harus berpikiran positif, dengan cari tau artikel yg bermanfaat.. Hindari artikel yg bersifat negatif, kasian janin nya juga ngerasain sakit, kalo ibunya sering kepikiran negatif mulu.

Hehe iya bund terima kasih udah diingetin.. saya cari" begitu untuk nnti jaga" bund.. takut ada apa" dan biar tidak panik.

Itu bukannya dicek lab dulu ya bun buat mengetahuinya. Aku kemarin habis cek lab disuruh bidan buat mastiin. Cek apa itu namanya lupa aku, ku tanya itu cek apa kata bidan itu sejenis penyakit kuning. Klo hasilnya positif berarti bidan gk bisa nangani dan harus di rs. Dan kitanya juga gk bisa langsung megang bayi, bayinya harus dirawat gitu kata bidanku. Tp kemarin aku cek alhamdulillah hasilnya negatif. Gk tau itu cek lab nya sama apa enggk kaya yg bunda maksud.

Cek HbsAG rasanya bun. Itu sejenis penyakit. Trus sama cek hiv. Bunda gk ada kh disuruh cek lab penyakit dua itu?

Jadi yg bikin bahaya bukan beda golongan darahnya misal si ibu O si bapak B bisa jadi si anak itu nanti goldarnya B itu tidak masalh tapi yg masalah jika resus di ibu dan anak berbeda itu akan saling berlawanan dan membahayakan baik bagi ibu maupun bayinya. Kebanyakan sih indonesia sih + bukan -. Klo ibunya + anaknya + sih masih baik kok. Tp.boleh juga cari2 orang dengan yg goldarnya sama dengan ibu atau bayinya, biar kalau ada apa2 lbh cepat penangannya

Iya bund terima kasih ya... semoga saja

Kebetulan sy menikah dgn WNA. Goldar saya O+ sedangkan suami sy B- Skrg sy sedang hamil 16 mggu Kami sudah konsultasi ke dokter spog, menurut beliau selama ibunya rhesus + tidak apa2. Sebaliknya apabila ibu rhesus - dan ayah rhesus + biasanya tubuh ibu akan membentuk proteksi menolak hasil pembuahan (janin). Dalam kasus ini ibu harus mendapatkan injeksi tertentu utk mencegah terbentuknya proteksi tadi.

Sama2 bun semoga kita semua sehat selalu 😊

Sama banget bun, saya goldar O, suami B, begitu anak lahir dia goldar nya ngikut ayahnya, yaitu B, beda dengan saya. Waktu usia 5 hari dicek DSA katanya kuning, lalu cek bilirubin lumayan mendekati batas atas..11,5 kalau sampe di angka 13 ke atas bisa2 difototerapi. Akhirnya saya jemur tiap pagi terus saya kasih ASI plus sufor karena ASI masih dikit. Semangat bun, jangan khawatir, yakin baby nya sehat.

Amiinnn...mkasih bund infonya

Saya O+, pas lahiran kemaren emang prosesnya panjang sih, dan pas bayi keluar enggak nangis, kata suster nya ketubannya juga ijo, jadi harus rawat inap, besoknya dia sakit kuninh, dan pemulihannya juga lumayan lama, krn bayi jarang banget nangis lebih sering tidur dan hilang kuningnya itu juga lama, Tapi bukan mo nakut2in, saya sih yakin kalo smw itu Qadarullah, jadi gak saya sangkut pautin sama goldar

Iya bund terima kasih

Câu hỏi phổ biến