Lahiran normal pakai BPJS

Hallo bun, mau infonya dong yg sudah pernah dan berpengalaman lahiran normal pakai BPJS . Sebenernya BPJS untuk lahiran normal di Rumah Sakit itu bisa ga sih bun ? Terus di bayar semua full oleh BPJS nya ga ya ? Katanya BPJS itu hanya menerima Full untuk lahiran cesar aja . Kalo kita mau pake BPJS lahiran normal, katanya musti lahiran di Faskes 1 atau Bidan dan di cover BPJS hanya 600rb sisanya kita bayar . BPJS saya kelas II dapet dari kantor suami . Pengalaman bunda dong infonya yg lahiran normal pakai BPJS ? Saya domisili bandung kota . HPL 12 Juni . Note : itu Bpjs pribadi ya bukan Kis dari pemerintah .

Lahiran normal pakai BPJS
327 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Saya coba jawab ya.. Mudah2an msh berguna jawabannya.. Saya bicara sebagai pengguna dan admin bpjs badan usaha di kantor jadi batas yg saya bs jawab cuma sampe apa yang saya tau ya Bun. BPJS Kesehatan bisa dipakai untuk melahirkan normal di rumah sakit rujukan kalau: *Ada indikasi medis, contoh, bunda masuk fase kehamilan beresiko krn sudah berusia diatas 35thn. *Faskes 1 tidak memiliki fasilitas persalinan. Sisanya, ya musti di faskes 1. Kecuali ditengah jalan ada kondisi darurat yg mengharuskan bunda melahirkan di rumah sakit krn fasilitas faskes 1 terbatas. Sementara kalo cs, seharusnya lgsg dirujuk ke rumah sakit krn biasanya fakses 1 g pny fasilitas operasi.. Untuk kondisi darurat, seperti ketuban pecah subuh, faskes 1 kan blm buka tuh, bisa lgsg ke IGD karena kondisi nya memang darurat tanpa dikenakan biaya.. Atau misalnya udah minimal bukaan 4, bunda akan diterima dan dilayani sebagai pasien BPJS wlpn tanpa rujukan. Dan aturan ini berlaku di seluruh faskes 1 se Indonesia. Jadi bunda ada dimanapun, same rules applies.. Kalau belum jelas, bunda bisa coba minta suami ngomong ke org yg urusin BPJS Kesehatan di kantor nya. Seharusnya sih dia bisa ngasih info lebih lengkap dr saya yg cuma via aplikasi TAP. Oh 1 yg harus saya tekankan disini.. Semua rumah sakit sebetulnya cover melahirkan dgn biaya 0 rupiah kalau sudah ada rujukan. Tp ada beberapa rumah sakit yg ujug2 ada biaya tambahan. Itu biasanya krn standard mereka pake kelengkapan operasi diatas standard BPJS. Contoh, Borromeus.. Jd wl0n udah 0ake rujukan, mereka biasanya akan kasih tau diawal bahwa akan ada biaya tambahan krn standard perlengkapan operasi maupun normal (obat2an, fasilitas kamar dll) diatas standard BPJS. Jd bunda jg musti kritis dan g malu2 nanya soal ada atau enggaknya biaya tambahan spt itu spy g kaget..

Đọc thêm

Kmarin saya juga sempat bingung Bun.. dan tanya2 sama orang katanya bisa lahiran normal di rs pake BPJS tapi harus minta rujukan di bidan... Saya coba... Di surat rujukan samla bidan ditulis ketuban merembes... Ketika hari H saya niat k bidan untuk cek apakah sudah pembukaan blm sama bidan ditolak suruh langsung k RS saja Krn surat rujukan sudah saya buatkan.. oke lah tengah malam ke RS dr sana di persulit karena ketuban tidak merembes... Bidan ditelp pihak RS dan dimarahi... pihak RS tanya alur cerita nya bagaimana Saya Tdk myngkin bilang yg sebenarnya klo dr bidan tidak di cek langsung suruh k RS., disitu saya dimarahi direndahkan katanya sarjana kok tidak paham omongan dll... saya dicek sudah pembukaan belum sambil direndah2kan dimarahi dan di perlakukan dg kasar... Smua petugas /perawat yg dia temui pasti di ajak ngomongin saya... Lebih baik tanya kejelasannya bunda... Tanya ke RS persyaratan nya bagaimana... Jika tanpa keluhan bisa lahiran pake BPJS di RS ini tidak... Biar nanti tidak bernasib seperti saya..

Đọc thêm
4y trước

Ya ALLAH gemes nyimak ceritanya 😌😌😌😌

Bisa bun lahiran normal di rmh sakit.. jika keadaan uda darurat .. Tanpa harus ada rujukan dr faskes 1.. Misal saat djlan n uda pecah ketuban duluan.. Lahiran drmh sakit semua dcover bpjs.. Ada biaya tambahan misal pampers pembalut kita gk bawa sendiri n kperluan lain.. Biaya tambahn untuk itu semua trgantung pemakaian kita n baby.. Mau lahiran sc ataupun normal semua dicover bpjs.. Pengalaman saya lahiran normal dibidan pke bpjs.. N waktu itu saya ditarik biaya tambahan 500rb.. dapet susu frisian baby 2box N trnyata seharusnya gk ada biaya tambahan sepeserpun klo lahiran normal di bidan.. semua dicover bpjs.. Yg penting bunda n bayi sehat.. Saya mengetahui hal ini krna dpat tlf langsung dr pihak bpjs.. Hal ini pun jg akan diselidiki lgi. Semua pasien yg lahiran di bidan.. Saya tanya" ke sodara yg beda bidan.. trnyata sama ditarik biaya 500rb.. Maaf kepanjangan bun.. Ini jg saya dpet info dr pihak bpjs .

Đọc thêm

Pengalamanku. Sudah 2x lahiran normal. 1x induksi. Terakhir baru kmren 23/3/2020 babyku lahir. Semua tercover bpjs. Jk mom terindikasi/terdiagnosa maslah dlam kehamilan. Ex: uk diatas 40w dan ketuban rembes. Dll. Maka fk 1 akan merujuk k RS. Bisa lahiran d RS. Tercover BPJS. Setelah lahir ibu ternyata di USG masih tersisa jaringan. Maka dilakukan kuretase. Masih tercover BPJS. Tapiiiii.... Jika mom periksa k fk 1 dan tdk ada keluhan. Ex: flek or ketuban rembes. Maka fk 1 tdk akan memberikan rujukan untuk USG. Jadi USG biaya sendiri. Dan lahiran hanya bisa di fk 1 (jk fk 1 sudah RB). Jika belum fk 1 akan merujuk yg bekerjasama dngannya. Lahir d fk 1 tercover BPJS senilai 700rb. Sisanya nambah sendiri. Misal biaya kendi. Tambahan: Ternyata ada jatah 1x USG d usia 9 bln dr BPJS.

Đọc thêm

kalo normal di faskes 1 di cover semua sama bpjs .ya paling kita bayar kalo ada obat yg ga di cover bpjs atau untuk alat2 seperti kasa dll nya . kalo normal di bidan yang bekerjasama dengan bpjs kita dapat potongan 700rb . misalnya biaya normal dibidan 1.700rb kita cuma bayar 1 jt aja . kalo normal di rs katanya harus pas udah bukaan 5 keatas langsung ke ugdnya karna udah kehitung emergency itu di cover semua sama bpjs . kalo mau sesar juga harus ada surat pengantar dari faskes bpjs nya dulu kalo ga salah , misalnya kita pas mau lahiran ke faskes dulu tapi faskes 1 ga sanggung karna ada kendala atau masalah yg membahayakan buat kita dan janin bakal dirujuk sc ke rs . di cover semua sama bpjsnya

Đọc thêm
4y trước

ga bu , langsung aja , tapi bidan yang bekerja sama dengan bpjs ya .

Alur pake Kartu Indonesia Sehat dr BPJS Kesehatan tetap dari fasilitas kesehatan/faskes tingkat pertama. Jadi klinik pratama yg kerjasama/puskesmas/dokter keluarga yg Bunda pilih. Mereka punya bidan jejaring yg nangani persalinan. Tanyakan pd faskes pertama gmn prosedurnya. Nah kalau mereka tidak sanggup, misal Bunda ada keluhan harus Caesar maka baru bisa dikasih rujukan ke Rumah sakit. Kasus ke2. Kartu hanya bisa digunakan di RS bila masuknya UGD. Bunda dalam keadaan gawat darurat. Misal bukaan berapa saya lupa, ada aturanya. Kpn pasien masuk dlm keadaan gawat. Nah kalau ga gawat ga bisa ditanggung. Yang penting sesuai alur dan sesuai indikasi medis. Caesar pun ditanggung Insya Allah

Đọc thêm
4y trước

KIS itu kartu Indonesia sehat Bunda. Ada yg gratis, ada yg potong gaji, ada yg dibayar pemerintah bisa negara/daerah. Kl yg gratis itu pendataan murni dari pemerintah. Atau cb tanya ke dinas sosial setempat lebih jelasnya, utk yg ditanggung APBN negara. Kl yg dari daerah, dana APBD biasanya yg mendata kader kesehatan setempat kalau ga salah. Tanya2 aja.

Kalau di t4 saya di Batam.. lahiran normal di bidan hanya di tanggung 700rb faskes 1, sisanya harus bayar.. Bayarnya untuk apa? Untuk hal2 yg tidak ditanggung dr bpjs misal obat induksi, infus, jahit episiotomi, popok kalau tidak bawa, peralatan bayi kalau tidak bawa Yg ditanggung itu hanya ongkos bidan, lahiran harus normal plek normal tanpa embel2 diatas termasuk jahit kalau robek.. Luar biasa, serasa ga guna bayar bpjs 😔 Ini saya konsul langsung sm bidan dan di-Amini sm HR dikantor Ga tau ya klo daerah lain yg full di cover, beruntung sekali bun.. Tp apapun itu biar sajalah yg menghitung diAtas nnti, yg penting sehat ibu dan bayi nya Aamiinn

Đọc thêm
5y trước

Blm ada kpastian bun.. ntah dibalikin atau tidak.. karna masih di selidiki katanya.. Klo dr kita sih.. dibalikin ya dtrima mungkin masih rejeki dedek... Klo tidakpun gpp.. Karna wlau berapapun biaya kita itu semua gk sebanding dgn jasa.nya..

Kalau daerah jogja. Pengalaman saya lahiran 6 bulan yg lalu. Melahirkan normal tanpa kasus tdk bisa dicover bpjs bun.. kasus nya yg tdk bisa ditangani oleh faskes 1. Kalau saya kemarin Ketuban pecah dini, dan kalau Ketuban pecah dini boleh langsung ke RS bun dan pakai bpjs bisa.. tp kemarin krn keburu panik jd ngga ke RS, alhamdulillah nunggu bukaan 8 jam di faskes 1 langsung lahiran.. Kalau kondisi darurat lainnya bbrp RS punya kebijakannya masing2. Jd sebaiknya bunda cari2 info di RS yg ingin bunda datangi terlebih dulu.. biar ketika kondisi terdesak, bunda sudah tau mau kemana..

Đọc thêm
5y trước

Saya KPD bun, lahiran di puskesmas banguntapan 2. Pakai bpjs bun..

Thành viên VIP

Kalo mau lahiran normal di RS ga bisa, harus ke bidan / faskes tingkat I / puskesmas baru bisa. Kecuali ada indikasi dari dokter harus SC baru bisa, soalnya hanya di cover bpjs 700ribu. Sedangkan jarak dari rumah ke bidan jauh, dan ga bisa di akses sama mobil (pernah nyoba sekali minta rujukan kebidan). So, drpd beresiko dan males juga bolak balik minta rujukan, akhirnya saya gajd pake bpjs. mending saya langsung ke RS aja langsung ditangani dokter dan booking ruangan utk kapan lahiran nya. kebetulan rumah saya dekat dgn RS Omni alam sutera, jd kalo udh pembukaan, tinggal cus.

Đọc thêm

Saya lahiran normal bun tanggal 17 mei kemaren di salah satu RS swasta dekat rumah dengan menggunakan bpjs dan full dibayar oleh bpjs. Bpjs saya ikut suami dan kelas 2 juga bun . Saya domisili di Bali. Jadi waktu sebelum lahiran, saya diberikan surat rujukan dari dokter kandungan tempat saya kontrol rutin, dokter tersebut juga bertugas di rs tempat saya akan melahirkan. Saat saya ke rs, Saya masuk via IGD , dan Bpjs baru di proses saat saya sudah bukaan 4 . saya hanya menyerahkan surat rujukan tersebut dan kartu bpjs beserta KTP, dan semua full dibayar oleh bpjs. bun

Đọc thêm
2y trước

Maaf mba urgent di Bali RS mna ya mba soalnya pagi ini saya kontraksi maunya lansung ke IGD tapi masih binggung antara umum atau swasta