41 Các câu trả lời

nggak jg bund buku KIA ga sewajib itu kok santai aja, yg wajib itu kontrol kehamilan rutin dan punya buku riwayat kontrolnya. mama saya gapernah posyandu/puskemas/bidan (krn ke RS swasta) tp kaka adek saya bertiga semua sekolah kok ampe gede. temen2 dan keluarga saya rata2 jg di RS jd gapake buku KIA, fine2 aja. saya sendiri juga gapake buku KIA krn emg full kontrol di swasta. setau saya nnti buku kontrol&vaksin anak jg ada kok kalo di RS/klinik, jd sama aja semua ada recordnya cuma beda buku aja. paling gampangnya gini sih: anak menteri atau anak artis emg pada periksanya pake buku KIA?😅 tp kalo bunda kepikiran bgt dan pengennya pake KIA, yaudah tinggal minta aja di puskesmas setempat, cb tanya kesitu. kalo gadikasi jg, tinggal beli sendiri di shopee banyak kok paling 15rebu, saya punya nih dirumah walopun ga dipake kontrol, tp buat saya baca2. tp secepatnya biar pas bunda ke RS udh megang buku KIA jd ga dobel2 buku kontrol, krn riwayat kontrol sebaiknya hanya satu yg dipake sampe lahiran (kalo KIA brrti dipake sampe buat kontrol&imunisasi anak jg nnti).

awkeeeey bund, makasih ya infonya

Coba tanya aja bund kapan dapat buku KIA, yg jelas USG nggak bisa request sendiri yaa kalau pakai BPJS harus ada rujukan dan indikasi pertimbangan medis dari dokternya.. saya sampai sekarang USG perbulan pribadi, nggak bisa request pakai BPJS padahal kehamilan TM 1 sempet flek + dapat penguat kandungan. Itu semua saya nggak pakai BPJS, jd BPJS saya pakai di faskes 1 ya cuma biar buku pinknya bisa terisi lengkap dr awal kehamilan. Konsul nya di dua klinik, klinik faskes 1 (BPJS) dan dokter SpOg (pribadi). Saya konsul di dua tempat karena emang yg klinik SpOg ini praktek mandiri nggak menyediakan buku KIA. Tp dokternya juga selalu cek kok isi buku KIA saya yg dr kebidanan. Yang klinik di BPJS tetep gratis juga pemeriksaan + vitamin tiap bulan.. tp ya itu untuk USG nggak bisa request dari kita, mau nggak mau emang pilihannya konsul di 2 tempat kalau mau USG/bulan. Atau solusi lain, ya beli buku KIA sendiri biar bisa diisi, cuma tetep aja sih USG nya kudu ke RS/Praktek SpOg mandiri.. kecuali ada indikasi dr dokternya harus USG

hoalah gtu ya bund.. makasih ya bund infonya..

aq dlu 15w baru dpet dri posyandu. oya klo minta rujukan ga semudah itu. kecuali difaskes 1 nya gda bidan gda buat USG. klo d sy krna d klinik faskes 1 nya ada bidan dn ada USG jd ga mudah minta rujukan ke RS kecuali urgent. kyk misal ada flek atau apa gtu. dlu itu 7bln baru dpt rujukan ke RS itupun sy blng krna pas awak hamil ada kista. tp sy ga cerita d awal kehamilan klo crta mngkn dksh jga cuma wktu itu ga kkpkiran blng ada kista. krna dokter spog nya blng klo kista ny ganas maka janinnya akan kalah. tp klo kista nya jinak maka janinnya akan tumbuh dn berkembang dgn baik. krna ada kista krna hormon kehamilan jd hilang dgn sndrinya.

pengalaman temen ku gtu 7w USG ke RS krna d faskes dia gda bidan gada USG. msh ada bidan kemungkinan msh agak susah minta rujukan buat USG tanpa indikasi medis. jd ya pling USG ke puskesmas atau ga USG ke klinik dokter kandungan. klo ke puskesmas jga minimal 14minggu klo ga slah. klo msh baru bngt gbsa ktanya msh kecil msh sgede kecambah jd d tolak wktu itu. pnglman sy aja si bun. coba ke posyandu aja dlu minta buku pink pasti dksh ko.

Pengalaman ku, pas tw hamil, lgsg cuss ke bidan, n di kasih buku KIA pink + di cek HB, HIV, sipilis, 2w kemudian ak USG TV mandiri ke SPOG. Ak juga pakai BPJS, tapi skrg rulesnya , faskes 1 gak di bisa kasih rujukan untuk USG, kalau tidak ada indikasi darurat medis. Misal kita mmg mw USG kepengen tau kondisi kehamilan n janin, ya bayar pribadi. Dalam 1 bulan ak cek 2x kehamilan, 1 di SPOG, 2 di klinik bersalin yang di cover BPJS, karena plan nya ak mw lahiran normal alami di klinik bersalin. Di RS juga ada si buku nya, karena adikku tiap bulan selalu periksa ke RS.

Adikku barengan sm ak skrg hamilnya, dy tiap bulan selalu rujuk ke RS. Semua pemeriksaan di cover BPJS, karena adikku ada riwayat SC 4th lalu n PCOS, jadi harus di handle SPOG.

kalo dari sepengalaman saya , dulu dikasih kia nya kalo udah usia 3bulan baru dikasih (dibidan) . kalo hamilnya ga ada masalah kayanya ga perlu surat rujukan deh bun , usg ya usg ajah dan biaya sendiri . terus kalo usg ga harus ditempat yang sama kok , senyamannya bunda ajah mau usg dimana asal spognya cocok , jadi ga harus usg pertama dirs A terus disitu terus sementara spognya ga bikin nyaman . coba besok kalo jadwalnya periksa terus ga dikasih buku kia , bunda nanya kirakira usia berapa bulan baru dikasih buku kia .

siap bund, makasih yaa infonya

VIP Member

saya ke puskes gak dikasih buku pink bund, alesannya kandungan masih di bawah 3 bulan. ngacir aja 2minggu berikutnya ke klinik buku pink nya dapet beli 18.000an abis periksa sama dokternya gada ba bi bu apa apa di isi juga nggak, pas selanjutnya ke bidan mandiri malah ditanyain kenapa buku pink nya masih kosong mlompong. Laaah salah melulu saya jadinya, padahal yg nanganin saya di puskes bidan itu juga. saran saya kalo gak dikasih kasih beli aja udah bund, repot nunggu dikasih

Aku dari hamil 2 bulan periksa langsung dapet buku KIA di puskesmas. Pas bulan pertama di bidan belum dikasih. Selama hamil usg di spog dekat rumah dengan biaya under 200k untuk cek janin, kedua usia kandungan 5 bulan cek jk dan pas mau hpl aku cek usg di dekat rumah meskipun aku bersalin dengan bpjs. Buku kia pasti selalu di tanyakan jadi lebih baik periksa di puskes karena akan lngsung diberikan dari puskesnya. Karena penting juga untuk cek hb dan perkembangan janin.

siap bund, makasih ya bunda infonya

buku kia penting karna nantinya ad catatan imunisasi anak kan mak... nah klo km lahiran di rs jg dpt buku anak kaya buku kia gitu, bisa di pake buat catatan imunisasi jg... klo ngotot pengen tetep pake buku kia yaa beli aj online ada ko.. bdw, pemeriksaan kehamilan baik di obgyn atau rs jg bisa di pake ko buku kia.. klo udh pake buku kia biasanya dicatatnya jg di buku kia kok.. biasanya rs jg kasih buku sendiri untuk catatan kehamilan dan anaknstelah lahir

terimakasih banyak ya bund infonya

VIP Member

tergantung faskes masing² bund. kalau dsni yg punya BPJS yg dapat buku KIA.. sy hamil anak pertama gak dapat buku KIA. karna blm ada bpjs. pas udh buat bpjs d UK 7 bln dan gak d kasih katanya nanggung. skrg hamil anak kedua d kasih buku KIA tp syarat harus bawa FC BPJS. dgn bawa kartu yg tulisan nya faskes 1 nya d PKM tsb. soal USG gak bsa dapat rujukan dri faskes 1 bund skrg.. klo gak ada masalah serius. jd sy dri hamil anak pertama ya USG d dr SPOG k klinik nya.

tergantung daerah masing² bund. biasa buku kia d dapat d puskesmas atau RS.. tp d daerah sy yg dapat itu yg pnya BPJS dan faskes 1 nya sesuai dgn tempat tinggal. klo beda atau beda faskes terus dtg k pkm lain ya tetep gak dapat

aku juga nggak punya buku KIA Bun karena nggak pernah kontrol di bidan atau puskesmas. dari awal hamil kontrolnya sama SpOG di klinik dan RSIA. kalau masalah buku KIA itu bisa di download atau beli sendiri Bun. ada dijual online. aku dikasih tau sama bunda bunda di TAP ini. oh iya bunda bunda aku mau tanya. masih seputar buku KIA. untuk nanti anak masuk sekolah, apakah yg diliat itu catatan dimulai kita hamil atau catatan imunisasi anak saja?

oke Bun. nanti aku download atau beli online. karena penting infonya ya Bun. terima kasih ya bunda 🤗

Câu hỏi phổ biến

Những bài viết liên quan