berhenti mengkungkit kesalahan pasangan

Gimana ya caranya biar pas marah / kesel, kita ga ngungkit kejelekan, kekurangan atau kesalahan suami yg sudah²?

36 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Ketika marah/kesel, diem dulu, duduk, tarik napas, menenangkan diri. Hindari adu argumen/perdebatan ketika sama2 sedang emosi. Kalo emosi udah reda, bisa coba mulai diskusi secara sehat, ngobrol dari hati ke hati, sampaikan baik2 apa yang dirasakan & jangan lupa mendengarkan sudut pandang suami. Bicarakan lemah lembut tanpa meninggikan nada suara. Banyak2 mengingat kebaikan2 suami, jangan biarkan pikiran & emosi bikin kita fokus sama kejelekan2 pasangan kita. Sadari juga bahwa kita sendiri banyak kekurangan & kesalahan, bahwa selama ini suami juga harus menghadapi ketidaksempurnaan kita sebagai istri. Turunkan ego & gengsi. Setiap habis berantem, jangan lupa saling minta maaf, saling memaafkan, dan berterima kasih atas semua yang sudah dilakukan & diberikan oleh pasangan

Đọc thêm

Kuncinya cm 1, suami jgn ngelakuin kesalahan yg sama. karena klo ngelakuin lg pasti keinget deh... klo aku sm suami kdg saling menjauh dlu pas lg marah biar ga adu mulut. klo udh tenang, biasanya sktr 30 menit - 1 jam suami ngajak ngobrol dan cari solusinya bareng2. sebisa mgkn kontrol emosi dan jaga perkataan kita jgn sampe nyesel setelahnya. abis itu saling minta maaf deh..

Đọc thêm

Nobody's perfect. Kalo ak sih nginget itu aja termasuk aku nya yg gak semuanya bagus dimata dia. Suami juga pasti jga pernah sebel sama kita secara kita kan emg dilahirkan dan dibesarkan dg cara yg berbeda. Jdi wajar aja kadang ada yg gak sesuai baik dari kita ataupun dari dia. Kalo dia bisa diem,santuy dan gak ngungkit2 kesalahan kita. Lantas kenapa kita musti melakukannya?

Đọc thêm

Bismillah... sblm emosi, kalo bisa ucap Ta'awudz dulu yaa bundaa .. Karna saat emosi, biasanya Lisan kita gak terkontrol ... Kalo suami sdh melakukan kesalahan lagi, jangan suka ungkit kesalahan yg lalu . itu bisa jadi salah satu Faktor Perpisahan, yaitu suka mengungkit kesalahan yg lalu :) dan pastinya bisa bikin suami sedih .

Đọc thêm
5y trước

Lha klo diulang terus gimana cara mengatasinya?

Banyak2 mengingat kebaikan suami bund, sama inget kalo diluar sana bahkan ada suami orang yang keadaannya jauh lebih buruk, ini membantu untuk kita lebih bisa bersyukur dengan kekurangan suami. Dilawan hawa nafsunya untuk marah. Krna setan paling seneng kalo suami istri bertengkar. Jangan biarkan setan menang bund

Đọc thêm

Bismillah.. Berta'awudz bun.. Lalu pegang tangan suami, tarik nafaas keluarin lewat mulut.. Atur emosi bunda.. Lalu coba untuk bicara dengan intonasi pelan dan lembut... Terus berpegangan dengan suami... Suatu sentuhan (khusus untuk mahromnya) kadang bisa merilex.an kita bun...

Thành viên VIP

Berdamai sama diri sendiri bunda. Krn memaafkan blm tentu melupakan. Tp kalo mengungkit2 kesalahan yg udah tuh bkin rumah tangga jalan ditempat bahkan mundur . Drpd ngmg yg engga2 , biasanya kalo marah aku tuh diem dlu sambil istigfar

Thành viên VIP

Pertama ya harus ikhlas dulu, ke 2 kalo lg emosi ada baiknya diem aja soalnya manusia cenderung ngomong yg nyakitin hati pas emosi, ke 3 kalo emang di pikiran keluar kesalahan2 pasangan sebisa mungkin tahan mulut untuk gak ngungkit2.

Pas marah jangan lgsg diungkapkan, tenangkan diri dulu. Kalo udah kalem baru ngomong. Tp ttp fokus sama penyebab kesalahan. Laki2 emang gk seneng diungkit kesalahannya yg lama. Malah bisa nambahin konflik.

What works for me might not works for you bun tp kalo aku cara mengendalikannya adalah itung 1-10 sambil tarik napas dlm2 sblm mulai ngungkit. Biasanya sblm itungan k 10, emosi uda ga stinggi itu lagi.