Istilah Gedog / Gedong

Gedog atau gedong itu setau saya adat dari sunda yaa. Berbagi informasi saja seputar gedog yaa bun. Saya baru2 ini dibuat bingung dgn istilah gedog, usia kandungan saya saat ini 7bln dan Alhamdulillah tdk ada kendala apapun hingga saat ini selain nyeri pinggang tentunya hehehe... Jadi gedog itu pijat/urut pada perut bunda yg gunanya utk membetulkan posisi bayi di dalam perut. Cuma org2 tertentu yg bisa, contohnya Paraji (sunda) atau bahasa lainnya seperti ibu2 khusus pijet perut hamil/pijat bayi. Tapi saat ini yg saya tau, baru sekumpulan spekulasi ibu2 sekarang yg takut di gedog lantaran rasa sakit diurut itu luar biasa. Banyak yg takut yaa karena ngeri juga bun. Tapi dapat informasi dari ibu2 yg sudah pernah di gedog itu katanya tidur jadi agak enakan karena posisi si bayi sudah benar 'katanya'. Kemudian efek samping dari gedog itu, perut jadi tegang, rasa sakit bekas urut tidak akan langsung hilang biasanya bahkan biasa 3hari kemudian baru tdk terasa sakit lagi di bagian perut. Bisa terjadi hal2 yg tdk diinginkan sama si bayi, karena medis sekarang jauh lebih bisa jadi pertimbangan dari sekedar perut yg diurut tanpa bisa dilihat posisi kaki tangan atau anggota tubuh lain yg mungkin saja terjepit saat perut di tekan. Dan yg pasti dokter tidak menganjurkan utk gedog karena berbahaya bagi si bayi Jika utk membenarkan posisi bayi selama kehamilan di trisemester ke3, dokter bahkan lebih menyarankan utk senam hamil, atau memperbanyak jalan kaki, melakukan posisi nungging sesering mungkin minimal 10x sehari lebih dari itu lebih baik lagi, mulailah lebih aktif bergerak dan membenarkan posisi tidur yg baik, mengganjal dgn bantal pada bagian perut, menghindari posisi tidur terlentang dan menghadap ke kanan. Bumil tidur menghadap ke kiri... Semoga bermanfaat yaa bun, sekedar berbagi informasi ?

1 Các câu trả lời

aq jg slama khamilan sering disuruh gedok bun sma mertua. suami mang sunda. tpi g krasa sakit kok, hnya sja sbnernya aq g tau manfaat gedok untuk apa.. krna hnya diraba2 sja. tpi mnurutku itu g prlu sih, krna jga g ad perbedaan sblum dan stelah nya yg kurasain. aq brangkt hnya untuk mnyenangkan hti mertua sja. krna kakak ipar dri suamiku jg sunda, sibuk rutin tiap bulan gedok, tpi saat lahiran tetp oprasi cs..

iyaa Bun sama saya juga pas 7bulanan gedog,gak sampe nyeri gitu malahan cuma di raba2 aja perut di pakein baby oil biar licin,yg ada malah geli apalagi pas pake kain kebat nya jadi pngen ketawa,,

Câu hỏi phổ biến