31 Các câu trả lời

Pendapat yang mengatakan akikah hukumnya wajib itu lebih kuat. Oleh karena itu, seorang muslim—meskipun mengikuti pendapat yang mengatakan sunnah—tidak pantas meninggalkan perintah akikah ini selagi ia mampu. Hal ini demi mewujudkan sikap ittiba’ (mengikut) kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang merupakan kunci kesuksesan hidup di dunia dan akhirat. Namun, apabila seseorang tidak mampu mengakikahi anaknya karena keterbatasan dana misalnya, tidak mengapa dia tidak mengakikahi anaknya. Hal ini berlandaskan firman Allah ‘azza wa jalla, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (al-Baqarah: 286) Waktu penyembelihannya adalah pada hari ketujuh dihitung dari hari kelahirannya. Ini berlandaskan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Setiap anak tergadaikan dengan akikahnya, disembelih baginya pada hari ketujuhnya.” ( HR. Abu Dawud no. 2838 dari Samurah bin Jundub radhiallahu ‘anhu. Lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi no. 1522) Berlandaskan hadits ini dan selainnya, waktu penyembelihannya adalah pada hari ketujuh dan tidak boleh dilakukan sebelum hari ketujuh. Apabila tidak mampu menyembelih pada hari ketujuh, dia menyembelih kapan saja ia mampu sebagai sesuatu yang wajib. (al-Muhalla 7/523) Apabila dia baru mampu menyembelih setelah hari ketujuh, ia melakukannya kapan saja ia mampu tanpa menentukan hari tertentu. Adapun yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda (yang artinya), “Disembelih pada hari ketujuh, hari keempat belas, dan hari kedua puluh satu,” hadits ini lemah sehingga tidak bisa menjadi landasan hukum. Hadits ini diriwayatkan oleh al-Baihaqi dalam as-Sunan(9/303) dan ath-Thabarani dalam Mu’jam ash-Shaghir dari hadits Buraidah radhiallahu ‘anhu. Dalam sanadnya ada rawi bernama Ismail bin Muslim al-Makki, ia dhaif (lemah). (lihat Irwaul Ghalil 4/395) http://asysyariah.com/melaksanakan-akikah/ Jadi intinya wajib kalau mampu ada dananya bund....kalau tidak ada dananya ya setelah hari ke 7 tidak apa. Wallahu'alam bish shawab.

Aqiqah itu sunnah tapi diharuskan. Kalau yg pernah saya baca, setiap anak yg lahir itu tergadaikan. Cara menebusnya yah dengan aqiqah. Bagusnya hari ke 7 atau hari ke berapa saya lupa atau hari ke 40 atau sedapatnya seseuai dgn kemampuan org tua atau keluarga si bayi. Jadi ada yg bahkan sudah kakek nenek baru di-aqiqah, gpp. Anakku jg berusia 3 bln baru diaqiqah.

Aqiqah itu sunnah tapi diharuskan. Kalau yg pernah saya baca, setiap anak yg lahir itu tergadaikan. Cara menebusnya yah dengan aqiqah. Bagusnya hari ke 7 atau hari ke berapa saya lupa atau hari ke 40 atau sedapatnya seseuai dgn kemampuan org tua atau keluarga si bayi. Jadi ada yg bahkan sudah kakek nenek baru di-aqiqah, gpp. Anakku jg berusia 3 bln baru diaqiqah.

Kakek saya baru maret tahun lalu qeqahan:') bayangin coba bun umurnya dia udah kepala 8 baru qeqahan:') ade saya mau saya qeqahin bareng anak saya nanti karna udah nazar.. Qeqah itu kan selama mampu bun, bukan kewajiban juga si, kalo belum mampu ya jangan maksain😁 seperti naik haji aja, bagi yang mampu..

Aqiqah pada hari ke 7 kelahiran itu sunnah yg dianjurkan bun, bukan wajib, pada hari ke 7 sunnahnya diaqiqahkan, diberi nama, dikhitan, dicukur habis rambutnya, trs rambut ditimbang, jumlah timbangan rambut dikalikan harga perak utk disedekahkan

Aqiqah di hari ke 7 itu bukan wajib Bun, tapi LEBIH afdol. Jika belum ada biaya, di 14 hari juga lebih afdol. Tapi jika lewat dari itu, boleh juga Bun.. yg penting di aqiqah kan. Karna orang tua wajib aqiqah kan anaknya..

Akikah gak harus pas 7 hari bun, kebetulan anakku di akikah pas 40 hari. Dan setauku akikah itu memang wajib tapi jika mampu ya bun hehe kalau andai belum mampu ya tidak apa-apa sampai dewasa juga boleh setauku bun 😁😁

Iya bun... Kalo kita mampu ya bagusnya 7hari stlah melahirkan sesuai anjuran dlm islam. Tp klo tdak mampu ya bisa sebulan kemudian atau dilain waktu.. Sekiranya kita mampunya kapan sj bun

Semampu orang tuanya saja . Sy aja udah 8 bulan belum aqiqah karna dananya kurang memadai . Kalo tahun depan ada rezeky insya allah baru aqiqahan

Sunnah nya bgitu bund.. Tp kl blm mampu y semampunya. Islam sll mmberi keringanan kok. Aq sndri aj. Usia 22 thn bru ckup rezeki utk aqiqah bund..

Câu hỏi phổ biến