49 Các câu trả lời

Halo mom. Baby saya termasuk pejuang kuning nih mom, tepatnya BMJ. Ada banyak jenis kuning moms. Anak mom kuning dari lahir atau bukan? Namanya neonatal jaundice, kuning yang muncul selama kurang dari 24 jam setelah kelahiran. Neonatal jaundice ini harus langsung ditangani dengan fototerapi dan pemeriksaan lab untuk mengetahui penyebab kuningnya fisioligis atau patologis. Kuningnya bisa fisiologis seperti adanya perbedaan golongan darah atau rhesus ibu dengan anak, atau karna memang kadar bilirubin anak saja yang tinggi saat itu karna belum siap menyerap asi dengan sempurna. Atau kuning patologis seperti bilier (gangguan fungsi organ hati). Kalau kuning karna kurang asi itu disebutnya breastfeeding jaundice (BFJ). Ini obatnya simpel, hanya disusui terus.Ada lagi breastmilk jaundice (BMJ) atau dikenal kuning asi. BMJ ini sebenarnya belum diketahui pasti penyebabnya apa. Salah satu kemungkinan terbesar adalah adanya suatu hormon 13 atau 16 (ini belum dinamai hormonnya) yang belum bisa dipecah oleh bayi, sehingga asi yang seharusnya dikeluarkan lewat feses malah diserap kembali oleh usus termasuk bilirubinnya. Sehingga kadar bilirubinnya akan meningkat. Memang BMJ ini disebut kuning asi, tapi bukan berarti harus berhenti menyusui. Tetap disusui tapi harus dalam pengawasan kadar bilirubinnya. Kalau mau cepat sembuhnya memang bisa dengan mengganti ke sufor dan stop asi. Tapi ini bisa tidak dilakukan ko mom. Saya tetap asi, tapi dibantu dengan fototerapi. BMJ bisa hilang sendiri juga cuma memang lama yaitu 2-4 bulan. Intinya bilirubin itu batasnya di 18. Karna kalau sudah diatas 20 itu bisa mengganggu fungsi otak. Oiya, mata adalah bagian pertama dan terakhir yang terlihat kuning. Dan telapak kaki adalah deteksi manual untuk tau apakah bilirubinnya tinggi atau tidak. Kalau boleh tau kapan fototerapinya? Dan nilai bilirubin tertinggi juga terakhir berapa dan di usia berapa?

Bunda Tiara, informasinya berguna bgt. Makasih bun. Bayi saya saat ini sedang di fototerapi.

Saya bund... abis baru lahir kmrin kuning trus diphototerapi 4x24 jam krna kbtulan saya lahiran di RS.. pas jadwal kontrol ktmu DSA ktanya kok kuning lagi pdhal slma dirumah sudah saya jemur dan ASI yasudah dicek bilirubinnya dan tinggi lagi disuruh phototerapi 2x24 jam bund. Kata dokter krna beda goldar bund... saya O suami B anak saya B... Alhamdulillah skrg usia sudah 23hari saya tambahin jam jemurnya bund.

Saya jemur bund tiap pagi min 30mnt dan saya gempur ASI.

Dulu jaundice anak aku gk ilang2 dibilang si ayi minum sufor lebih banyakan, jd malem2 aku full sufor, pagi n siang baru nenen. Pas check dokter kedua kali dokternya bilang gk usa check lagi, uda pasti jaundicenya ilang soalnya emang uda gk kuning lg. Baru deh balik nenenin malem. Tp kita juga rajin pagi jam 8 dan sore jam 4 jemur2.

Bunda kalo campur asi dan sufor .. si Dede pup ny gmn Bun .. ??? Anak aku udh 21 hari Bun .. masih kuning aj

Anak saya pas lahir sempet kuning bun, gara gara asi saya gak keluar keluar akhirnya di sinar 1x24 jam dan selama itu saya berusaha mompa asi terus dan bisa keluar dikit dikit.. setelah itu baru dibolehin pulang, dan pas pulang digempur asi terus bun sama rajin dijemur

kalau ibunya kena kuning . pengaruh gak ke asi bun?

Bayi saya dulu jg kuning bun,setau saya sakit kuning yg berbahaya yaitu yg muncul 1x24 jam setelah bayi lahir,kalau munculnya lbh 24jam biasanya tdk berbahaya yg pntg berikan asi per jam,insyaallah nanti hilang sendiri..oiya kadar bilirubin directnya brp bun?

Kmarin anak saya sempet kuning bun matany, karena kurang asi, asi saya blm kluar Saya konsul sama bidan egk pp wajar, Ini asi udh lancar minum ny cukup saa rajin di jemur alhamdullilah sembuh bun.

sama kayak anak saya bun...sampe sedih karena matanne kuning banget..badanne juga.tpi pas di kasih asi setiap 1 jam sama dijemur bolak balik pas pagi..alhmdullilah...sekrng udh sembuh..

2 minggunan bun...matanya udah gk kuning lagi,

anakku juga sempet kuning bun di umur 2 -3 minggu. bingung & khawatir pasti itu. Kitanya harus yakin bun , jawabannya ya sama terus kasih mimik yg banyak & jemur bayinya .

asi buun masalahnya anakku umur segitu tidurr terus. dipaksa bangun buat mimik susah.

Sama Bun...ini bayiku usia 19 hari juga keliatan kuning gitu klo kulitnya ditekan. Sudah dibawa ke DSA tapi katanya ringan dan gak disuruh opname gitu, Cek bilirubin sie 11,7

Smpe brp lm kuningnya hilang bun?

Banyakn ASI Bund, Lg musim hujan anakku jg jarang kena sinar tp untungnya anakku kuat nyusunya jd alhmdulillah gak kuning. Semoga cpet sembuh debaynya Aamiin

Câu hỏi liên quan

Câu hỏi phổ biến

Những bài viết liên quan