Ingin Tahu: Pengelolaan Keuangan Keluarga

Buibu yang bekerja/punya usaha, kalau boleh tahu, selama hamil, bagaimana pengelolaan keuangan keluarga? 1. Pemasukan dikumpulkan jadi satu, dikelola bersama. 2. Pemasukan dikumpulkan jadi satu, dikelola salah satu (suami/istri saja). 3. Pemasukan dikelola sendiri-sendiri, dengan suami bertanggung jawab untuk pos abcde (misal: rumah, kendaraan, cicilan, pengeluaran bulanan) dan istri bertanggung jawab untuk pos abcde (misal: printilan kehamilan). 4. Pemasukan dikelola sendiri-sendiri, dengan suami bertanggung jawab untuk sebagian besar pengeluaran, pemasukan istri untuk sendiri. Boleh tahu apa pertimbangannya dan seefektif apa? Terima kasih sebelumnya. #ingintahu #seriusnanya

18 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Kalau saya dan suami terkait pendapatan: - Suami bertanggung jawab langsung untuk biaya sewa rumah dan listrik serta pengeluaran tentatif yang jumlahnya besar, untuk hal ini suami yang mengelola. - Suami setiap bulan mengalokasikan dana di kas rumah untuk keperluan rumah seperti konsumsi dan kebutuhan non food, untuk kas rumah ini saya yang mengelola. - Suami mengalokasikan dana untuk tabungan anak. Saya yang kelola. - Suami mengalokasikan dana personal untuk saya setiap bulan, dana ini untuk kebutuhan pribadi saya dan suami tidak ikut campur mau diapakan. - Saya tidak diperbolehkan menggunakan pendapatan saya untuk urusan rumah. Tapi saya pakai untuk urusan pribadi, sesekali saya gunakan untuk traktir jajan dengan suami atau belanja hal2 yang saya suka. Tapi saya selalu izin ketika akan membeli barang-barang. - Karena sedang mengandung, jadi saya ikut menabung untuk persiapan kelahiran dan kebutuhan anak. jadi intinya, kami punya income masing-masing tapi ada kas bersama dan saya yang mengelola itu untuk pengeluaran yang kecil. Namun jika untuk pengeluaran yang besar, biasanya langsung dari suami.

Đọc thêm

Selama hamil? kalau aku, semua suami yg pegang dan urus, krn biarpun bayi masih di dalam perut tapi rasanya udh capek dan gak mau makin capek mikirin pengeluran. bahkan anak sudah lahir dan sampai skrg pun semua suami. jadi semua suami yg pegang dan atur. bayar air, cicilan, bayar listrik, belanja bulanan, mingguan, jajan semua pokoknya suami yg pegang bahkan untuk masukin ke tabungan pun itu udh urusan dia. aku tinggal bilang mau ini mau itu jajan ini jajan itu suami yg keluarin dari dompetnya, bahkan kalau popok habis pun urusan dia, aku tinggal nikmatin hehehe. tapi ttp, aku punya tugas untuk mengawasi, jadi suami yg selalu laporan ke aku soal total pemasukan dan pengeluaran (suka aku audit hehe) tapi suamiku ttp kasih uang jatah pegangan pribadi yg uangnya untuk di pakai apa saja terserah aku. kalau dulu sebelum ada anak keuangan 100% aku yg pegang dan yg mengatur tapi sekarang udh repot sama anak 😌. setidaknya berkurang satu beban pikiran krn mengelola keuangan RT tuh bikin pusing.

Đọc thêm
Thành viên VIP

kl ak dan suami, income/pemasukan suami perbulan kita kelola brsm-sm, di catat2 semua pengeluaran di setiap bulan ny dan di utamakn utk kebutuhan di rmh dl & byr ART, tabungan jg lbh milik brsama krn ak menabung utk keluarga dn sm dia jg spt itu. sdgkn income yg ak pny, krn ak ud lama pny bisnis jd itu cm ak aj yg kelola, suami hny tau aj krn mmg dia juga yg beri bisnis itu dgn tujuan biar ak pny aktifitas aja dan dia gk mau ak krj d luar. tp balik lg kl soal kebutuhan kita/istri ttp suami yg tanggung aplg soal kebutuhan/printilan kehamilan suamiku ttp urusin itu si mom serta kebutuhan si anak dan semua itu tdk ad pertimbangan krn menurut suamiku itu ud tanggung jwb ny, kl ak gak mnt ap2 malah marah dia ny.

Đọc thêm

saya no 4 bun, pemasukan di kelola sendiri-sendiri, suami kasih jatah tiap bulan dengan nominal yang sama untuk bayar biaya listrik, wifi, ART, bensin, belanja bulanan, hangout ngafe, beli baju, beli kebutuhan rumah yg kecil2, order makanan online, kalo sy rajin utk masak ya sisa uangnya untuk saya, kalo sy males masak ya jdny lebih boros ke beli makan luar. untuk biaya lainnya yang besar seperti service kendaraan, suami yang bayar terpisah dari jatah bulanan. pemasukan sy untuk diri sy sendiri, suami ga sentuh sama sekali dan ga pernah minta untuk di pakai, 100% saya yang simpan dan kelola mau di pake untuk apa.

Đọc thêm

kalo saya, dari sblm hamil pemasukan yg dipakai cuma yg dari suami aja. klo gaji saya ya buat saya aja buat seneng2, buat investasi dan dana darurat. 😁 untuk keuangan saya yg kelola. jadi untuk segala kebutuhan rumah tangga, nafkah saya, ngasih ke ortu dan mertua, zakat, sedekah, cicilan, kebutuhan suami dan saya, trs buat nabung itu udah diaturin. kebetulan untuk usaha suami juga yg pegang keuangannya saya karena suami basicnya di teknik, saya yg keuangan.

Đọc thêm
Thành viên VIP

Semua di kelola suami:) dah kaya anak sekolah lg ak bun wkwk klo pengen apa apa minta istilah org jawa nembung 🤣 kadang sehari ya dikasih 10rb,12rb,20rb kadang yaaa engga wkwk Tp memang belanja bulanan dia bayar semua. (Tidak termasuk keingan bumil untuk makan ini itu) Btw anaku udah lahir, selama hamil sampe stress wkwk berujung preeklamsi dan bblr. Banyak yg komentar masi muda darah tinggi :)) cma pen tak gampar yang ngatain wkwk

Đọc thêm

kalau saya no 3 bund, tapi saya full IRT cuma suami aja yg kerja keluar, saya d rumah. suami transfer nafkah ke saya tiap gajian, tapi bukan semua gaji dia saya yg pegang, nah dari nafkah yg di tfr itu ada tanggungjawab saya bayar listrik, BPJS ortunya, dll. termasuk kebutuhan pribadi saya... sedangkan dia pun ngelola uang dia sendiri bayar wifi rumah, tagihan sampah security dsb. ngasih buat ortu dan mertua dll.

Đọc thêm
Thành viên VIP

aku resign 4 bln sblm hamil sih bun, dan selama hamil keuangan aku serahin ke suami. karna gamau pusing. jd tinggal minta aja butuh apa2nya. kalau pas masih kerja, smua kebutuhan pakai uang suami. uangku utk kasih ortuku dan sisanya kutabung. jd alhamdulillah pas aku resign tabunganku ada banyak. kmrn kepake biaya 7blnan & aqiqah dan spertinya nanti lebaran jg bakal kepake lg 😅😅

Đọc thêm
2y trước

wah suamiku kalo disuruh ngatur keuangan, bisa bisa baru tgl 5 duit udh abis bund hahahah

Thành viên VIP

Aku no 3 mix no 4, pokoknya punya income masing2, tp kita punya tabungan bersama di satu rekening, kalo tagihan2 banyakan suamiku sih yg bayar, aku paling keluar duitnya buat bulanan, makanan/jajan. Sisanya kelola duit masing2 aja, dr jaman pacaran jg udh sering sharing cicilan/tabungan sih jd kebiasa ampe skrg

Đọc thêm

qlo saya dulu wktu kerja uang semua yg kelola saya,suami ambil dulu seperlu nya....skrg saya ngga kerja semua yg kelola juga saya....krna suami ngga bisa pegang duit,ngga tau cara ngatur duit...dan ngga teliti juga saat beli barang... pokoknya yg mahal pasti bagus...hadehhh jiwa ibu" saya selalu meronta"

Đọc thêm