89 Các câu trả lời

Ortu saya kebetulan jg cerai saat saya SMP dan skrg mereka masing2 sudah pny pasangan, tetapi baik bapak ataupun ibu saya setelah bercerai tidak pernah bertemu atau berkunjung satu sama lain krn mereka sudah memutuskan utk menghormati rumah tangga masing2. Kebetulan ibu saya nikah lg pas saya SMA, dan bapak setelah bercerai lgsg menikah. Seharusnya suami bunda tau cara menghormati bunda. Maaf bun klo menyinggung, ga heran klo dia bercerai, mungkin dia tidak bisa menghormati pasangannya. Walaupun demi sang anak, harusnya dari awal suami bunda gaosah bercerai klo ujung2nya ttp tinggal sama mantan istrinya. Lebih baik biar ga salah paham, tiap suami berkunjung ke mantan istrinya bunda selalu ikut. Walau bagaimanapun bunda skrg adalah ibu sambung anak dari suami kan? Kan kata suami ini semua demi anak, tidak ada yg salah klo ibu sambungnya ikut menemaninya kan? Atau suami merasa bunda bukan ibu sambungnya? Perlu diperhatikan ya bunda. Semangat bunda jgn menyerah, kuasa Allah itu nyata, perbanyak doa dan tawakal insyaa Allah diberi petunjuk dan jalan keluar. Wallahu'alam bishawab.

Lama ingin menyerah udah bilang ke ibu mertua, ibu mertua cuma bisa nguatin karena ada anak, dan tidak ingin anaknya ada perceraian lagi, disuruh sabar, ikut mendoakan supaya mantan suami segera dapat jodoh yang lain supaya tidak mengganggu rumah tangga kami.

Yg namanyaa sudah menjadi mantan. Suami bunda tidak berhak nginep dirumahnya meski ada anaknya!!!! Apa lg jalan bareng mantan istri dan anak kaya kluarga cemara mrka jadinya.😑 Sementara bunda dan anak bunda blm tntu digituin diajaln jln bareng atau lbh banyak habisin wktu sm bunda. Blg aja bunda ga izin suami kunjungi mantan istri nya itu walau jumpai anaknya. Bawa aja anaknya tinggal sm bunda. Jd ga ada alasan suami nginep2 dirmh mantan istrinya. Bunda yg urus anak suami bunda. Jd 100% suami mlik bunda. Kalau kaya gitu amit2 nauzubillahminzalik bukan suudzon tp klo udh ktmu gitu apa lg nginep kita ga tau ada setan apa gak. Nnti berhubungan badan aja mrka daaah pnya anak lagi minta izin nikah lg sm bunda. Yg ada bunda makin tersiksa batin. Mending bunda yg mengalah biar ngurus anak nya suami asal jgn ktmu2 mantan istrinya. Kalau suami ga mau bunda yg urus anaknya. Selidiki ada udang dibalik batu itu.

Saya ga mau fitnah sampe mikir ato nuduh suami hub.badan jg bund, takut malah salah tuduh dan dosa. Cuma udah nginep seatap jln kemana2 bareng diliat orang yg tau status dan ceritanya aja udah malu loh bund saya ga pantes, keluarga suami sendiri ya serba salah, tau suami saya caranya salah tapi ya ga bisa apa2, jadi seolah2 dukung2 aja.

Itu sudah resiko dari pilihan kita yang menikah dengan orang yang pernah memiliki masa lalu :) contohnya aja nabi Muhammad gak bisa move on dari Khadijah Radiyallahu'anha padahal saat itu sudah menikah dengan 'Aisyah dan Khadijah sudah meninggal :) memang berat.. Tapi itu sudah menjadi pilihan kita :) dan udah sepaket sama resiko nya :) mungkin yang perlu bunda lakukan disini adalah, coba bicarakan baik2 dengan suami perihal hal tersebut :) dan kasih penjelasan.. Bahwa beliau dan mantan istri nya bukan termasuk mahram lagi :) jadi nggak baik kalo harus pergi kemana mana sama mantan istri apalagi sampe nginep gitu.. Terlebih beliau sudah menikah sama bunda :) sehingga bunda harus menjadi prioritas nya dan mantan istri udah gak ada hak lagi sama sekali atas suami bunda.. Selain menafkahi anaknya yang dari si mantan ini. semoga suaminya mau mengerti :)

Sudah sering dibahas bund, dari bicara baik2 sampai berantem karena suami ga terima dan cuma diem2an akhirnya, nanti juga balik cara begitu lagi, sampe saya suruh balikan aja karena saya ikut malu sebagai perempuan, tidak bergeming. Sebelum menikah meyakinkan saya dg gambaran cara hidup yg ditawarkan bertolak belakang dg cara yg ada sekarang

kenal suami sblm nikah dmna bun? udah berapa lama kenal sebelum nikah? sebelum nikah dan ketika rencana mau nikah dgn bunda,suami bilng gmna ttg ank dan mantan istrinya,kalau nanti nikah m bunda apakah anaknya akan d bwa k tmpt bunda selma suami libur krja? suami ad cerita g bun knp cerai? rasanya aneh ya kalau suami sampai bermlm d tempt mntan istri wlpun dsna ad anknya,jg knp hrus liburan dgn ank bserta mntan istri,klpun mntan istri harus ikut,sehrusnya bunda jg d bwa untuk mndekatkan bunda dgn anak sambung bunda dan jg menghindari fitnah. cba d omongin lgi bun k suami,keluarkan semua uneg2 bunda,cri jalan keluar yg enak untuk kdua belah pihak gmna. semoga d beri jlan keluar terbaik untuk semuanya ya bun,ap lgi dari bunda sudh ad anak

Tegasin ya bun, kamu itu punya hak suara, tentang tanggung jawab ke anak, jemput anaknya kasih pengertian ke anak bahwa dia semisal manggil ibu kandungnya dengan sebutan bunda lalu kasih pengertian dia punya ibu sambung dipanggil mama gituloh. Suamimu kasih pertanyaan "Pilih aku atau mantan istrimu!" kalo dia berkilah(laki2 paling jago ngomong emang), kasih dia alasan "Kalo pilih mantan istrimu aku minta pisah karna istrimu itu aku bukan 22nya dia mantanmu! Kalo kamu pilih aku, bawa anakmu sekali2 nginep kesini jangan kamu nginep disana jatuhnya zina dan kalo mau liburan aku wajib ikut biar bisa mantau kamu" Untungnya suami saya bukan duda, cuma kalo dia sampe ketauan kaya gitu ke mantan pacarnya udah saya tinggalin gapake ngomong

Iya bund..sampe capek adu argumen masalah ini, akhirnya suami marah ga terima dan diem2an.

Buset pada manas2in semua gini komennya. Kebetulan orang tua saya juga cerai, masing2 sudah menikah dan punya anak dari suami/istrinya. Saya tinggal sama ibu saya, kadang saya nginep di rumah ayah saya kadang ayah saya yg nginep di sini. Ayah kandung sama ayah tiri saya sama2 hobby main ps jadi mereka juga seru kalo ngumpul 😂 Ga jarang saya main ke rumah ayah ditemenin ibu saya. Semuanya rukun akur ga ada masalah krn sudah disepakati seperti itu. Konsekuensi menikah dgn orang yg punya masa lalu. Para orang tua saya berbesar hati untuk kebaikan pertumbuhan dan perkembangan mental saya. Jadi ya kalo bunda keberatan dgn suaminya lebih baik didiskusikan.

Nah ini ketemu solusi

Di ingatkan suaminya, kalau udah nginep2 itu kan ga pantes ga wajar karna udah cerai status, klau mau ktmu anak bs pulang pergi, dan hrsnya jg si mantan istri tdk di ajak ikt serta pergi bersama suami bunda dan anak2nya, klau memang pergi mantan istri mau ikt, bunda pun hrs ikt bersama, agar tdk ada salah paham, klau suami ttp ign menginap di rmh mantan istri, bunda pun hrs ikut menginap, istri sah skrg kan bunda, kita tdk tau mgkn dlu suami bercerai krna ada masalah atau hal lain.... buat komitmen bund agar tdk ada pihak yg merasa di rugikan... hubungan baik sana sini

Resiko kawin sm duda berekor yang mantan istrinya masi idup ya gitu. Krn prioritas dia skrg 2, istri nya skrg (kamu) dan anak dr perkawinan sblmnya. Wlpn bunda ttp jd prioritas tp bukan satu2nya prioritas dia. Uda banyak kejadian ky gini bun. Bukan dia ga mikirin prsn km, tp buat dia tumbuh kembang anaknya juga penting. Nah loh. Speechless kan. Harusnya yg bnr dr sblm kalian kawin dibahas sih jd bs bkin aturan2 dan batasan2 hubungan antara dia dan bekas istrinya. Kl keseringan dibiarin berdua juga mereka hati2 nnt tau tau muncul dede.

Sudah dibicarakan sebenernya dr sebelum nikah, pas saya ragu nerima nikahnya dulu, diyakinin gini gitu, tapi kenyataan setelah menikah seperti itu.

begini lah kalo nikah sama duda Bun . akibat nya pasti ada walau gak keseluruhan .. pasti ada saja yang di bahas tentang masa lalu , kadang ya di sindir gak sama dgn si A kadang ya kok masakan si A yg enak kadang soal anak dan BLA BLA BLA . masih banyak lagi .. jika dari awal kamu tau Dy duda apa lagi punya anak sedangkan anak nya di mantan istri kamu harus paham posisi mu .. krna kamu yg sudah memutuskan nikah dengan duda.. blm lagi si duda bisa CLBK sama mantan istri..

Memang susah sih bun klo urusan nya karna anak, mngkin ga pingin anak nya merasa terasing kan mngkin ga pingin anak nya ngerasa sedih krna keadaan nya udh beda jd pingin anak" tetep ngerasa keadaan nya baik" aja. Klo msh kecil y wajar msh g bsa mengerti tp klo udh gede y harus nya udh lbh paham tp yg nama nya mental seseorang y beda". Klo nginep sih salah klo mau nginep krna alasan anak knapa g dihotel skalian staycation atau dirmh bunda, diomongin baik" bun sm suami

Câu hỏi liên quan

Câu hỏi phổ biến

Những bài viết liên quan