Pernah hb disiang hari ramadhan

Assalamualaikum bunda.. Saya mau bertanya, jadi dulu waktu bulan ramadhan saya hamil anak pertama jadi gak puasa, tp suami puasa.. Karena hamil banyak perubahan ditubuh saya misalnya payudara membesar jadinya suami mau.. Saya sempat nolak, saya bilang gak boleh nanti puasanya batal.. Tp suami malah ngebatalin puasanya dan bilang gak apa kalo gak puasa dan minta terus jd saya layanin bun.. Setelah beberapa hari saya scroll di facebook dan ada halaman yg bahas hukum jima' dihari puasa.. Dan ternyata gak boleh bun, harus bayar kaffaroh.. Udah baca itu saya nyesel bun.. Andai saya tau hukumnya saya bakalan berusaha nolak.. Gimana ya bun? Apakah istri juga harus membayar kaffaroh ? Mohon pencerahannya bun, karena saya udah cari di google tp gak nemu nemu..

9 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

waalaikumussalam bund.. coba baca link ini bund https://islam.nu.or.id/post/read/105714/kafarat-atau-denda-hubungan-badan-saat-puasa-ramadhan kalau menurut pemahaman saya dari artikel tsb, yg perlu membayar denda cukup suami bunda saja. jadi suami bunda puasa qodho berapa hari yg dibatalkan dalam puasa, dan membayar kafarat. kafarat bisa dengan memerdekakan budak/ puasa selama 2 bulan/ memberi makan 60 orang miskin. bisa memilih salah satu cara yg bisa suami bunda kerjakan. semoga bermanfaat ya bund, maaf kalau ada yg salah karena saya juga masih memahami artikel tsb

Đọc thêm
4y trước

sama2 bunda.. aamiin..

Wajib bagi yang berhubungan intim di siang bulan Ramadhan untuk membayar kafaroh seperti yang disebutkan dalam hadits: (1) membebaskan satu orang budak, (2) jika tidak diperoleh, berpuasa dua bulan berturut-turut, (3) jika tidak mampu, memberi makan kepada 60 orang miskin Sumber https://rumaysho.com/3476-hubungan-intim-di-siang-hari-bulan-ramadhan.html

Đọc thêm
4y trước

iyaa bun.. udah lama banget waktu hamil anak pertama kami melakukan kesalahan itu.. ya Allah sampai sekarang menyesal..😭 apakah saya juga musti puasa dua bulan berturut turut ya bun ?

Thành viên VIP

dulu pernah belajar. seingat saya 2 2 nya bayar kaffaroh Bun.

4y trước

Aamiin ya Allah.. insya Allah kalo ada rejeki lebih bun saya usahakan.. karena sekarang saya juga cuma numpang, pendapatan suamipun gak menentu.. apa bisa bun kalo ngasih makan fakir miskinnya gak sekaligus ? maksudnya kalo misalkan ada rejeki lebih ngasih makan satu atau dua orang dulu..? dan untuk puasa, saya pernah denger ceramah kalo harus dua bulan berturut turut bun, kalo satu hari batal ya ngulang lagi sedangkan perempuan setiap bulan haid.. insyaa Allah saya mau ganti bun hutang puasa saya..

upp

upp

upp

upp

upp

upp