Mertua dan suami sama aja,sepele dengan kesehatan anak

Anak saya kena diare sehari bisa pup air 4-5x tp gk mau makan dan minum,demam tinggi juga.. akhirnya saya bawa ke IGD dan dokter saranin utk infus dan rawat inap, tkt dehidrasi bisa fatal.. btw mata anak ku uda cekung nampak nya.. dengan enteng suami ku blg ke dokter gk mau di rawat inap.. rawat jalan biasa aja.. di tambah mertua telp ke suami, duh ngapain sih ampe ke dokter2 segala,pake di rawat inap lagi lebay bngt istrimu minum obat beli di apotik aja udaa.. lagian dulu anak ku ada 5 diaree jg gk prnh bawa ke dokter,aman2 ajaa..pgn rasanya aku jawab ya iyalah,anak2 itu beda2 gk ada yg sama,kesel bngt sm mertua kyk gt.. kasih saran ke anak nya yg menyesatkan.. kok bs2 nya mereka gk ngerti kl diare terus2an tanpa ada cairan masuk itu bisa fatal..

21 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Influencer của TAP

Sabar yah, Bun Diare memang nggak berbahaya karena sebenarnya mekanisme alami tubuh membuang benda atau zat asing dari tubuh, terutama saluran cerna. Makanya diare akan berhenti ketika penyebabnya hilang. Yang bahaya dan bisa mengacam jiwa memang dehidrasinya, makanya kalau diare itu fokus utamanya cegah dehidrasi dengan pemberian CRO (oralit atau sejenisnya) dan perbanyak pemberian cairan. Ingat-ingat lagu Aku Anak Sehat deh 😁 Dehidrasi juga ada grade, ada ringan hingga berat. Dehidrasi ringan masih bisa rawat jalan, terutama jika anak masih mau makan minum, meski sedikit, tapi bisa ditelatenin. Kalau anak nggak mau makan minum sama sekali, memang sebaiknya ke dokter sih dan mungkin akan diminta rawat inap. Dehidrasi berat perlu rawat inap karena perlu infus dan pemantauan kondisi. Seingat saya tata laksananya demikian. Jadi ada proses dan nggak tiba-tiba jadi dehidrasi berat. Nah jadi pendapat mertua memang nggak sepenuhnya salah karena nggak melulu diare harus ke dokter dan rawat inap, hanya saja cara penyampaiannya yang tidak tepat yah. Mungkin dulu anak-anaknya diare, tapi masih lancar makan minum, sehingga aman tidak dehidrasi berat. Atau mungkin beliau ada alasan lain juga. Tolong dimaafkan yah, agar Bunda juga nggak kesal terus 😁 Saya pribadi juga belum pernah bawa anak ke dokter ketika diare, karena memang masih aman untuk saya rawat di rumah. Saya juga memahami tanda bahaya, kapan harus ke dokter, dan tata laksananya. Nggak pakai obat juga, hanya utamakan CRO dan perbanyak cairan. Bunda juga tentu tidak salah karena pasti mengkhawatirkan kondisi Si Kecil. Apalagi jika belum memahami betul tata laksananya, memang sebaiknya ke dokter kok. Btw sekarang kondisi Si Kecil bagaimana?

Đọc thêm

Anakku muntaber waktu usia 1 thn 1 bln. badannya emang gemuk kenceng gt, trs aktif trs walaupun sakit, cuma daerah bibir merah bgt sama mata. pokonya sekilas ga keliatan klo dia dehidrasi. pas dibawa ke rs, dokternya bilang 'ini anaknya udh dehidrasi bgt buk, udh lemes, emang klo anak gempal badannya ga terlalu keliatan klo dia kurang cairan'. Pdahal dr dia diare cuma selang 2 hari aja, sehari aku pake obat apotik, seharinya aku nunggu perubahan ternyata nihil. akhirnya bawa ke dokter stelah 2 hri diare, ternyata udh kurang cairan bgt anaknya. Segitu masih ktawa2, ngajak main mobilan segala macem. Ga terpikir ko aku bodoh bgt anak kurang cairan ga harus lemes bgt juga. Akhirnya di infus lah sama perawat di rs. 5 kali tusukan jarum baru ktemu tuh pembuluh darahnya. Tangan kanan kiri ga masuk, kaki juga kanan kiri ga masuk, akhirnya ke tangan sebelah kiri 2 kali tusukan baru bsa masuk. Anak gemuk susah nyari pembuluh darahnya ternyata. 😢 Jangan ampe telat bund. diare mah bahaya, segitu daya tahan tubuh anakku kuat loh karena banyak makan banyak nyusu, udah diare ditambah demam udh 30 derajat kala itu tp alhamdulillah ga sampai kejang/step. Klo diare langsung bawa anak ke IGD, bahaya klo sampe didiemin. sehari 2 hari aja bakal ilang banyak cairan, apalagi klo anaknya susah makan. Jangan mengira2 sendiri 'ah BAB nya ga bgitu sering ko. Ah anaknya masih aktif dan ga lemes. Ah anaknya masih banyak makan. Ah anaknya aja masih ceria.'.. Pokonya klo fases anak udh cair, baunya asem bukan sperti bau fases pda umumnya dan BAB lebih sering dr biasanya, bisa jd anak diare. klo sehari dua hari masih bgitu langsung bawa ke dokter. Masalah nnti anjuran rawat/ngga nya ya itu gmna baiknya menurut dokter...

Đọc thêm

kalau aq bilang gini bun... iya mah. pasti sembuh kok. pake dokter apa g pakai dokter. tp mah... mama g kasihan lihat cucu menderita? aq pengen sakit nya anak ku lebih cepet ilang. kalau nunggu sembuh sendiri bisa berminggu minggu mah. belum lagi anaknya harus nahan sakit mah. g tega aku sbg ibu. mamah kan bukan ibu nya. mama memang tega nunggu 5 anak mamah sembuh sendiri tanpa dokter. tapi aku g tega mah lihat anak ku menahan sakit. nih ya mas dan mamah. aku turutin kata kata kalian tp kalau besok pagi masih diare. aku pulang ke rumah orang tua ku bersama anakku. tambah kalau ada apa apa sama anak ku, kalian bisa ganti ga? siap aku salahin seumur hidup g? gimana?? (bagiku urusan anak no. 1. cuma ibunya yg bisa memperjuangkan hak anak. mau siapa lagi?)

Đọc thêm

kalau mertua saya lihat cucunya batuk pilek aja udah heboh bun, udak panik langsung nyuruh bawa kedokter, apalagi kalau sampai diare kayak gitu, langsung dilarikan ke RS sakit. kalau saya tipe ibu yg tenang, dilihat dulu sakitnya udah berapa hari terus setelah periksa ada kemajuan atau belum kalau belum baru deh dibawa ke RS, tapi kalau mertua saya tipe yg panikan, kan kalau habis periksa minum obat dari dokter gak bisa langsung sembuh, minimal nunggu 2-3hari, tapi mertua kadang suka panik banget jadi baru periksa belum ada 2 hari, udah nyuruh bawa ke RS.

Đọc thêm

Duh kapan hari ada anak sakit sama ortunya di biarin, di bawa ke RS waktu sdh sekarat dan itupun karena di sarankan oleh tetangganya. Alhasil anaknya meninggal, karena apa ? anak g mau makan di biarin g ada usaha untuk di masukin makanan / vitamin / obat. Lebih baik bunda sabarin dulu aja klo emang g boleh, karena ridho suami juga penting untuk istri. Biasanya anak sakit cuma mau ASI, usahakan si ibu kualitas makannya di jaga. Meski anak sakit ibu harus ttp usahakan banyak makan & minum air putih. Semoga segera dapat pencerahan suaminya..

Đọc thêm
2y trước

ngadepin suami laknat bisa disabarin tapi penyakit anak ga bisa sabar keburu terjadi hal2 yg ga diinginkan. Ridho suami ga ada gunanya disaat kayak gini. Jangan toxic kalau kasih nasehat.

diare pada anak menandakan dehidrasi. dehidrasi akan membuat suplai oksigen ke pembuluh darah otak berkurang. karena kurangnya cairan yang masuk. akibatnya demam.. jika sudah demam apalagi pada anak risiko kejang. (jelaskan ke suami aja) kalo anak bunda dibawah usia 6 th masih rentang utk sakit. diare pada anak solusi di rumah beri diit/makanan tinggi serat .. .tindakan bunda sudah tepat utk di bawa ke RS❤❤ ga usah hiraukan omongan mertua atau suami yang sekira nya kurang baik utk anak.. lekas sembuh anaknya...

Đọc thêm
Thành viên VIP

Mending rawat inap aja Bun ga usah dipedulikan suami sama mertua. Nanti kalau ada apa2 mertua pasti nyalahin bunda, suami jg ga peduli. di kondisi saat ini bunda harus fokus dulu sama kesembuhan anak dan nurut apa kata dokter. Aku pernah kena diare Bun disuruh rawat inap itu posisiny udh lemes bgt. Ga bayangin Bun saya yg dewasa aja lemes apalagi yg masih anak2. Saya dulu dirawat 3hari, sembuh. Ternyata ada bakteri di usus.

Đọc thêm

aku ngerti bgt perasaan bunda, karena aku juga ngalamin yg sama, kerasin hati bun, sakit ati emang tpi fokus ke anak aja, anakku pernah di rwat inap krna diare, bolak balik ke dsa karena masalah perut, mertuaku jg bilang gitu, suamiku yaa dy kuatir tp ga trlalu ngdkung aku bolak balik ke dsa, jdiny aku pergi sndiri, cek lab sendiri ya udah gendong anak kesana kesini sendiri, yg penting anak sehat

Đọc thêm
Thành viên VIP

kalau saya udah tak tampar mulutnya suami detik itu juga di depan dokter. enteng banget dia ngegampangin kesehatan anak, apa harus nunggu parah dulu baru boleh di rawat? sumpah kesel banget, begonya kebangetan. kalau gamau ngurusin, minimal ngotak dikit lah. ntar kalau ada apa-apa yang disalahin ibunya juga, bapaknya mana mau tau. lekas sehat ya bun anaknya, semoga suaminya sadar deh.

Đọc thêm
Influencer của TAP

Halo bu, Coba sepakati dgn suami kalau masalah anak terutama soal kesehatan adalah ranahnya Ibu & Suami. Campur tangan orang tua kedua belah pihak hanya sampai memberi saran saja, selebihnya ibu dan suami yg ambil keputusan... diare bahayanya di dehidrasi nya bu, jadi kudu dipantau bgt...

Đọc thêm