18 Các câu trả lời

Riba dan hutang sebenarnya adalah keputusan yg disadari oleh pemiliknya ntah apapun alasannya (misalnya krn kepepet atopun gaya hidup hedon) dan sifatnya nagih. Byk yg ga sadar kalo ternyta mereka jd kecanduan dan akhirnya malah terjerat oleh riba. Kalo mau lepas dari riba/hutang, pemiliknya sendiri hrs sadar dampak negatif dari riba itu sendiri dan punya komitmen yg kuat utk bisa lepas (melunasi dan ga berhutang, lagi!) dari riba. Sebagai saudara mgkn kita ngasih tau akibat dr riba itu apa dan nasehatin baiknya gmn. Tapi dibalikin lg tergantung orgnya, kalo blum pny kesadaran dan niat yg kuat utk lepas dari jeratan riba ini ya bakalan susah buat berubah.

Susah buat nyadarinnya bun karena sifatnya udah kecanduan. Apalagi skrg, byk sekali oknum yg menawarkan kemudahan2 dlm peminjaman riba. Bahkan penjualan barang, aset pribadi dan investasi menawarkan kemudahan cicilan. Orang semakin byk tergiur dgn peluang yg ditawarkan. Harus punya prinsip yg kuat: hidup tanpa riba supaya ga tergiur dgn kemudahan. Kalo mau memberikan efek jera bagi pelaku, jgn pernah membantu utk melunasi hutangnya. Krn dia merasa hidupnya dipermudah krn dibantu org lain. Biarkan dia merasakan konsekuensi dari berhutang itu sendiri.

Jeratan Riba menyengsarakan mb. kalo sebelumnya pernah dibantu melunasi hutang tapi ngutang lagi dan ga kapok sebaiknya kasih sedikit sentilan ga usah dibantu dulu biarkan seolah olah dia sendiri menghadapi masalahnya biar jera dulu

saudara bunda org dewasa kan? dia pasti tau kok gimana caranya. yg penting ada niat, lunasin hutangnya, dan jgn ngutang lagi. kalau bunda mau bantuin ya bantu lunasin utang nya dulu bun

posthink aja mungkin pas baca komen saya lagi sensi 🙄

terimakasih banyak bunda² yg udah bantu jawab. mohon doanya agar anggota keluarga saya bisa keluar dr jeratan riba semoga bunda dan keluarga bunda jg dijauhkan dr riba aamiin ya robb

aamiin Yaa Mujiib, semangat ya bund..

selagi tidk merugikan bunda , biarkan saja dia sudh sangat dewasa sudh tw mana yg baik dan tidak dan dosa di tanggung masing2 .. dan masalah riba setiap orang punya persepsi sendiri2 ..

orang tua saya ada pinjeman ke bank ko bund, dan aku juga ada kpr rumah .. terlepas dri riba tpi gk bisa di pungkiri di jaman sekrng apa apa ada ribanya meski sedikit, dan yakin gak pakai riba 100% ? menurut ku selagi kita pakai buat aset jangka panjang (ada buktinya) karna kalo cash kami gak sanggup bund.

niat untuk berhenti dari si pelaku itu sendiri. Kalo kita bantu bayarin utangnya sampai lunas pun, kalo dia belum kapok, ya kemungkinan dia bakal pinjem lagi.

iya dulu udah pernah bantu lunasin... berharap ga bakal ngutang lagi

taubat dulu, ikhtiar jual aset yg ada utk bayar utangnya, deketin Allah terus karena cuma Allah yg bisa nolong

giat bekerja untuk nyicil hutang dan istighfar jangan memperbanyak hutang lagi.

kalau pinjem bank ya harus cepat2 dilunasin, abis itu jangan ambil2 lagi deh

Dirangkul bun, dilunasin/dibantu keuanganny, diedukasi, dn didoain

Câu hỏi phổ biến